Lokasi : SMA Negeri 1 Payung
Lingkup Pendidikan : Sekolah Menengah Atas
Tujuan yang ingin dicapai : Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa
Tanggal : 14 November 2022 dan 15 November 2022
Situasi :
Tidak dapat kita pungkiri bahwa pesatnya kemajuan teknologi memberikan kemudahan kepada setiap aktivitas manusia. Walaupun demikian, pesatnya kemajuan teknologi juga membawa dampak negatif bagi dunia pendidikan. Dampak negatif tersebut dapat kita rasakan saat ini dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Adapun dampak negatif dari pesatnya kemajuan teknologi dalam proses pembelajaran diantaranya adalah :
- Peserta didik kurang bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran
- Terdapat peserta didik yang mengantuk pada saat guru menyampaikan materi
- Peserta didik hanya menyimak materi yang disampaikan oleh pendidik
- Peserta didik kurang aktif dalam mengajukan pertanyaan pada saat proses pembelajaran.
- Peserta didik cenderung tidak berani untuk menulis.
Kondisi ini diperparah dengan belum tepatnya model dan media pembelajaran inovatif yang digunakan oleh pendidik pada saat pelaksanaan pembelajaran.
Tantangan :
Berdasarkan hasil analisis kajian literatur dan hasil wawancara serta pengamatan langsung dapat diketahui bahwa masalah motivasi belajar dalam diri peserta didik rendah dikarenakan :
- Pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik cenderung monoton
- Pendidik kurang menguasai materi pembelajaran
- Pendidik masih merasa kurang waktu dalam menyiapkan media pembelajaran
- Sarana pembelajaran masih terbatas
Selain tantangan di atas, terdapat pula tantangan yang bersumber dari lingkungan sekolah yaitu :
- Variasi model pembelajaran
- Pemanfaatan media pembelajaran
- Penggunaan teknologi
- Lingkungan pembelajaran
Kondisi terkait tantangan yang ada tersebut menuntut seorang pendidik harus mampu mencarikan alternatif solusi dalam penyelesaian terhadapa berbagai permasalahan yang timbul misalnya penerapan model pembelajaran dan media pembelajaran yang tepat sehingga dapat meningatkan kreativitas dan motivasi belajar peserta didik.