Lihat ke Halaman Asli

Ria Ayu Oktavia

Journalist and Food Addicts

Untag Surabaya Jadi Tuan Rumah Examinitation For Japanese University

Diperbarui: 23 Juni 2021   09:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Humas Untag Surabaya

Program Studi Sastra Jepang Fakultas Sastra Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya kembali dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan Examinitation for Japanese University (EJU), pada Minggu (20/6). 

Kegiatan ini merupakan implementasi kerja sama dengan Konsulat Jendral Jepang di Surabaya dan International Multicultural (I'Mc) Center. Bertempat di Gedung Graha Prof. Dr. H. Roeslan Abdulgani Untag Surabaya Lantai 3, EJU digelar dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan physical distancing. Diikuti 52 dari Indonesia 4 berasal dari Jepang hadir untuk mengikuti seleksi yang diadakan dua kali dalam setahun oleh Pemerintah Jepang ini.

Ketua Prodi Sastra Jepang Untag Surabaya-Dra. Endang Poerbowati, M.Pd menuturkan selain pemilihan Untag Surabaya sebagai tuan rumah merupakan rekomendasi dari Konjen Jepang, Untag Surabaya juga menerapkan seleksi ujian ini dengan tetap mematuhi protocol Kesehatan secara ketat, salah satunya dengan membatasi peserta ujian di kelas.

"(Untuk EJU) sudah sejak tahun lalu, ini kedua kali. Kemarin bulan November, offline juga dan kali ini dibatasi 16 orang tiap ruang ujian." tuturnya. 

Pelaksanaan EJU juga merupakan upaya untuk mempersiapkan para siswa memasuki dunia pendidikan tinggi. 

"Jadi berupa sertifikat untuk penilaian nantinya bisa masuk/diterima di universitas Jepang yang mana. Tidak tertulis lulus atau tidak lulus, tetapi penentu bisa masuk universitas mana saja." paparnya saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Seluruh rangkaian ujian dijaga langsung oleh Konsul Muda Jepang Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, Tsumura Moe. Dirinya mengaku bersyukur atas penyelenggaran EJU karena merupakan pengalaman pertamanya bertugas sebagai Konsul Muda.

"Terlaksana dengan baik. Saya masih tahap belajar karena baru datang ke Indonesia." ujarnya.

Tak hanya Untag Surabaya yang dipilih oleh Konjen Jepang, IM'c Center dipilih langsung oleh Pemerintah Jepang. Tsumura berharap melalui kerja sama antara Konjen Jepang dengan Untag Surabaya tersebut dapat meningkatkan hubungan antara Indonesia-Jepang, khususnya di bidang pertukaran pemuda supaya mereka memahami budaya Jepang.

Pada kesempatan yang sama, Founder I'Mc Center-Prof. Dr. Djodjok Soepardjo, M.Litt. menyebutkan bahwa EJU tak hanya digelar di Surabaya. EJU diadakan di beberapa kota di Indonesia, yakni Jakarta, Bali dan Jogja.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline