Lihat ke Halaman Asli

Bagaimana Pembelajaran Musik di SD ya?

Diperbarui: 26 Juni 2015   09:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pembelajaran musik sudah dikenalkan di sekolah dasar. Pada umumnya anak-anak suka bermain musik dan bernyanyi. Namun, pembelajaran tetntang musik di sekolah dasar masih dianggap sulit. Banyak guru kesulitan mengajarkan pelajaran musik.

Pembelajaran musik di sekolah dasar seharusnya menggunakan pengalaman langsung. Anak tidak hanya diberi materi tetapi diberikan pengalaman langsung belajar musik sehingga pembelajaran tersebut lebih tertanam dalam diri anak.

Kegiatan yang dapat diajarkan melalui pengalaman langsung dalam belajar musik antara lain:

1. Mendengarkan musik; anak diberi kesempatan untuk mendengarkan musik secara langsung, misalnya mendengarkan musik dari tape, radio, VCD/DVD, dan lain-lain.

2. Bernyanyi; pengalaman bernyanyi sangat memuaskan bagi anak. Mereka dapat bebas berekspresi, mengembangkan bakat, dan mendapat pengalaman langsung pada saat menyanyi.

3. Bermain musik; bermain musik merupakan hal yang menyenangkan. Anak dapat melatih sensorimotor mereka, mengembangkan kemampuan dalam bermain musik dan belajar kemudahan dan sesulitan dalam bermain musik.

4. Bergerak mengikuti musik; pengalaman bergerak mengikuti musik mengajarkan anak untuk dapat merasakan irama dan bergerak mengikuti musik secara luwes.

5. Membaca musik; umumnya anak hanya diberi materi tentang membaca musik. Pengalaman tentang membaca musik dapat diterapkan oleh guru dengan menggunakan media not musik sehingga memudahkan siswa untuk belajar membaca musik.

6. Kreativitas; semua pengalaman yang diberikan kepada anak sebaiknya tidak memaksa tetapi pengalaman itu bisa membuat anak berkrativitas mengembangkan kemampuannya dalam musik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline