Lihat ke Halaman Asli

Need For Power

Diperbarui: 22 Mei 2017   12:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

(Kebutuhan untuk berkuasa) salah satu teori Mc.Clelland

Merupakan kecenderungan seseorang untuk mempunyai pengaruh atas orang lain dengan maksud agar dia dianggap sebagai seorang yang kuat. Ia bisa dikatakan memeiliki need for power yang tinggi, karena ia menggunakan waktunya untuk memikirkan, cara mempengaruhi dan cara agar dapat menguasai orang lain, serta untuk mengubah tingkah laku seseorang, juga dengan tujuan demi mencapai suatu kedudukan atau "status".

Orang yang memiliki need for power yang tinggi biasanya selalu berusaha untuk memberikan pengaruhnya kepada orang lain, serta langsung dengan sugestinya, seperti pendapat, ide-ide, baik dalam setiap aktivitas, berusaha mencari posisi atau menjadi pemimpin.

Orang yang memiliki need for power akan terlihat aktif dalam menentukan keputusan dimana ia terlibat didalamnya, bahkan selalu berusaha menolong orang lain, meskipun pertolongannya itu tidak diminta.

Hal diatas merupakan salah satu kebutuhan individu yang perlu dipenuhi. Namun dalam memenuhi kebutuhan tersebut, setiap individu mempunyai sikap dan perilaku yang berbeda. Jika hal diatas tidak dapat dipenuhi ini bisa berdampak pada perubahan perilaku itu sendiri. Hal ini berarti bahwa kebutuhan diatas sangat berperan penting dalam menentukan tingkah laku manusia. Hadirnya tingkah laku manusia dikarenakan adanya suatu kebutuhan, dan tingkah laku manusia itu mengarah pada pencapaian dengan tujuan dapat memuaskan kebutuhan itu. 

Kebutuhan itu muncul karena adanya ketidak seimbanmgan didalam diri individu, yang membuat seseorang tersebut melakukan sesuatu tindakan yang mengarah kepada tujuan, dan tujuan tersebut diharapkan bisa memenuhi kebutuhannya. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline