Lihat ke Halaman Asli

Berkenalan dengan Salah Satu Tebing Terindah di Lombok

Diperbarui: 23 Maret 2017   20:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Ya......namanya "Tanjung Ringgit". Belum pernah dengerkan? Memang objek wisata yang satu ini masih  terbilang baru. Padahal lokasinya tidak terlalu jauh dengan “Pantai Pink” yang sudah hangat di kalangan para pelancong, yaitu hanya 1 km saja.

Yuk saya kenalkan dengan destinasi wisata yang satu ini.

Tanjung kalau masih ingat di pelajaran geografi dikatakan adalah bagian daratan yang menjorok ke laut. Bedanya dengan pantai....kalau pantai biasanya landai dan berpasir putih, sedangkan kalau tanjung lebih cendrung berupa bebatuan bahkan berbentuk tebing yang terjal. Tapi jangan salah, pemandangan yang bisa dinikmati dari tanjung  tidak kalah dengan pantai.

Sebelum kita mengupas lebih dalam tentang Tanjung Ringgit, sebelumnya traveler harus tau dulu bahwa tanjung eksotik yang sudah dikenal di Lombok saat ini ada 5 lo....Ada Tanjung A’an, Tanjung Bloam, Tanjung Cina , Tanjung Perak dan Tanjung yang terakhir Tanjung Ringgit ini. Sementara lo ya.....karena masih banyak objek wisata yang belum terjamah...hehe.

Dokumentasi pribadi

Nah mari kita mulai berkenalan dengan Tanjung Ringgit. Tanjung Ringgit ini letaknya di ujung tenggara Pulau Lombok. Tepatnya masuk Desa Pemongkang Kecamatan Jaerowaru Kabupaten Lombok Timur. Ya lumayan jauh dari pusat Kota Mataram.....hampir 85 km. Untuk menuju ke sana, anda harus menempuh perjalanan Mataram-Praya-Jerowaru dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun sewa karena tidak ada angkutan yang menuju langsung ke sana. Kalau anda berniat menggunakan mobil, maka disarankan jangan menggunakan sedan ya ya....dijamin g bisa naik....he

Secara geografis, keadaan alam Lombok Timur pada umumnya memang berbukit dan bertebing kars, jadi jangan heran kalau kondisi Tanjung Ringgit ini juga terdiri dari deretan tebing kars yang terbentang sangat panjang dan berkelok-kelok. Karena berbatasan langsung dengan samudra Hindia maka bayangkan saja bagaimana pemandangan yang bisa kita liat dari atas.....mantap bro.....

Dokumentasi pribadi

Di bawah anda akan menyaksikan keindahan nan tiada tara dari perpaduan air laut yang nampak dari atas, dari warna biru tua, ke biru muda hingga warna putih akibat deburan ombak. Dibalik airnya yang menawan, anda akan melihat deretan terumbu karang dari puncak tebing. Dari kejauhan terlihat pantai perawan nan asri yang tak berpenghuni yang bisa anda jadikan kolam renang pribadi. Akses ke pantai memang lumayan memeras  keringat terutama bagi pelancong yang terbiasa memanjakan kaki. Tapi kalau sudah di pantai.....puas-puasin dah tu mandi tanpa ada yang ganggu,berasa  jadi “Raja Salam” tanpa pengawal....hehehe...Apalagi kalau anda beruntung bertemu dengan nelayan yang bersedia membawa anda ke tengah. Karena di tengah anda bisa melihat dari dekat keindahan terumbu karang beserta ikan-ikannya yang beraneka jenis rupa dan warna dengan bersenorkling.

Ada yang unik dari tempat wisata ini, yaitu adanya sumur kecil hasil buatan manusia. Kenapa dikatkan unik? Letak sumur ini ada di dasar tebing yang berjarak hanya beberapa m dari air laut yang asin, namun air sumur ini tawar lo....jadi sangat nikmat kalau diminum di tengah teriknya matahari.

Selain sumur air tawar ini, ada juga gua raksasa  yang terletak di ujung Tanjung di balik semak-semak, pintu masuknya ada di atas bukan di bawah pantai. Jauh dari gua, anda bisa menemukan salah satu peninggalan Jepang pada masa penjajahan dulu, yaitu meriam Jepang. Meriam yang sudah ditinggalkan ratusan tahun yang lalu ini terlihat masih berdiri kokoh menghadap ke laut. Namun sayang karena letaknya di tengah semak-semak, nilai yang nampak tidak setinggi nilai sejarah yang tersimpan di dalamnya. Karena letak gua dan meriam Jepang tertutup semak-semak  jadi jangan sungkan-sungkan bertanya pada gembala ternak supaya tidak melewatkan 2 objek ini.

Dokumentasi pribadi

The last....buat yang berencana ke tempat ini jangan lupa bawa bekal makanan dan minuman,kaca mata serta topi karena letaknya di ketinggian jadi cukup terik dan tidak ada penjual makanan dan minuman.

Gimana???mau kenalan langsung dengan Tanjung ini?datang langsung ke Lombok ya....Selamat berjalan-jalan ria......




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline