Lihat ke Halaman Asli

Realisasi Perwujudan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Melalui PMM UMM di Lingkungan Sekolah SD Muhammadiyah 5 Bumiaji Kota Batu

Diperbarui: 6 Februari 2024   19:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Kegiatan PMM (Dokpri)

Malang- Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hirilisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) umm.ac.id. Dalam rangka pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa mitra dosen (PMM MD) Program Studi Ilmu pemerintahan yang dilakukan di SD Muhammadiyah 5 Kota Batu ini dengan bermitra bersama  Bapak Ali Roziqin S.A.P., MPA., Drs. Krisno Hadi, M. A., dan Yana Syafriyana Hijri S.IP., M. IP. PMM ini beranggotakan lima mahasiswa sejurusan yang terdiri dari pradana prasetya, erisya Aprilia, dita della, muhamad fani dan ria aulia. Kelima anggota ini memiliki kesempatan untuk mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan siswa-siswi SD Muhammadiyah 5 Bumiaji Kota Batu.

PHBS atau perilaku hidup bersih dan sehat ini ialah suatu tindakan Kesehatan yang dilakukan dengan kesadaran yang bertujuan agar seseorang bisa menolong anggota keluarga atau orang lain bisa menolong diri sendiri pada bidang Kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat. Tujuan PHBS ini untuk menjadikan banyak orang sebagai agen perubahan agar mampu meningkatkan kualitas perilaku sehari-hari dengan tujuan hidup bersih dan sehat. Kemudian tujuan utama Gerakan PHBS ini sendiri ialah untuk meningkatkan kualitas Kesehatan melalui proses penyadartahuan yang menjadi awal dari kontribusi individu-individu dalam menja;ani perilaku kehidupan sehari-hari yang bersih dan sehat. 

Manfaat dari PHBS ini ialah untuk terciptanya masyarakat yang sadar Kesehatan dan memiliki bekal pengetahuan dan kesadaran untuk menjalani perilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memenuhi standar Kesehatan. PHBS di sekolah iaalah salah satu kegiatan memberdayakan siswa, guru dan masyarakat lingkungan sekolah guna untuk melakukan pola sehat untuk menciptakan sekolah sehat. Kami mahasiswa melakukan kegiatan PMM ini berkesempatan untuk mewujudkan PHBS di lingkungan SD Muhammadiyah 5 Bumiaji Kota Batu.

Kegiatan pertama yang kami lakukan pada tema PHBS ini ialah dengan memaparkan materi terkait PHBS mulai dari pengertian, tujuan, manfaat, hingga praktek perilaku hidup bersih dan sehat seperti praktek mencuci tangan. Pemaparan materi dan praktek ini dilakukan kepada siswa siswi kelas 4, 5, dan 6 SD. Setelah pemaparan materi selesai berlanjut dengan kegiatan makan bersama namun sebelum itu ada praktik mencuci tangan dimana hal ini menjadi salah satu contoh PHBS. Tidak sampai situ saja kami berlima sepakat untuk memberikan obat cacing sebagai pendukung kegiatan PHBS ini.

Sumber Kegiatan PMM  (Dokpri)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline