Lihat ke Halaman Asli

rh tour

Bereputasi Baik

Petra, Kota Hilang yang Masuk dalam 7 Keajaiban Dunia

Diperbarui: 6 Agustus 2019   14:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto diambil dari gameeting.info

Di Yordania, terdapat sebuah kota di mana bangunan-bangunan yang berdiri di kota tersebut terbuat dari batu dan terletak di antara tebing-tebing tinggi. Kota ini adalah Petra, sebuah kota yang sangat mengagumkan. 

Nama petra berasal dari bahasa Yunani Kuno "petros" yang berarti "batu".  Nama tersebut sangat menggambarkan Kota Petra, yaitu kota batu dengan sejuta keajaiban di dalamnya.

Kota ini terletak di selatan Jordania, di antara Laut Mati dan Laut Merah. Dipercaya telah dibangun sejak 300 SM, Petra merupakan kota yang pernah hilang dari peradaban sebelum ditemukan kembali oleh penjelajah asal Swiss, Johan Burckhardt pada tahun 1812. Sebelumnya Kota Petra berkembang sebagai ibukota kerajaan Nabatean yang maju karena perdagangan dan rempah-rempahnya. 

Namun, gempa besar terjadi dan menghancurkan sebagian besar kota tersebut pada abad ke-4 sehingga sistem perdagangan yang dahulunya maju, runtuh seketika. Pada pertengahan abad ke-7, Kota Petra menghilang dari peradaban.

Saat ini, Kota Petra termasuk ke dalam tujuh keajaiban dunia karena arsitektur dan keunikan bangunannya yang tidak dimiliki oleh bangunan lainnya di seluruh dunia. Ketika memasuki situs ini, pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan tebing-tebing tinggi yang terukir indah sebagai bukti kemajuan atas peradaban Kerajaan Nabatean. 

Pemandangan akan semakin indah apabila para pengunjung datang pada waktu matahari terbit ataupun terbenam, karena pantulan cahaya matahari berwarna keemasan akan membuat seluruh kota bercahaya seperti api yang sedang menyala terang.

Penampakan pertama yang akan dilihat para pengunjung ketika pertama kali mendatangi situs ini adalah sebuah aliran sungai dan bendungan kecil yang dibuat oleh Suku Nabatean sebagai jalur khusus untuk minum dan kebutuhan air sehari-hari. Aliran sungai ini juga telah dipola sedemikian rupa agar kota tersebut terhindar dari banjir.

Setelah melewati aliran tersebut, pengunjung akan melihat Sig, yaitu sebuah celah jalan sempit di antara dua bukit bebatuan yang terbentang sepanjang hamper 2 kilometer. Seusai melewati Sig tersebut, pengunjung akan melihat langsung Treasury, ikon utama dari Kota Petra. 

Terukir pada sebuah tebing batu tinggi, Treasury merupakan situs yang diberi nama Al Khazneh dan dipahat dari bukit utama yang sengaja dibangun sebagai makam atau kuil. Bangunan istimewa tersebut memiliki tinggi 76 meter dan terdiri atas 6 pilar kokoh nan indah pada bagian atas dan bawah bangunan.

Foto diambil dari flicker.com

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline