Lihat ke Halaman Asli

Rhohani Izam

Mahasiswa

Model Pembelajaran Dick & Carey

Diperbarui: 3 Juni 2024   20:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Model Pembelajaran Dick & Carey adalah sebuah model desain pembelajaran yang berbasis sistem dan mencakup sejumlah komponen yang diperlukan untuk mewujudkan pengalaman belajar yang efektif dan efisien.

Dalam model Dick & Carey terdapat 10 rancangan pembelajaran, yaitu :

1. Mengidentifikasi Tujuan Pembelajaran : Tahap awal adalah menentukan kebutuhan siswa agar dapat menentukan tujuan untuk dicapai.

2. Analisis Tugas Pembelajaran :  Analisis tugas untuk menentukan desain pembelajaran yang sesuai dengan tugas yang harus dikuasai oleh peserta didik dan kemampuan yang harus dimiliki.

3. Analisis Tugas Pembelajaran : Tahap ini melibatkan analisis keterampilan-keterampilan yang perlu diberikan atau dibelajarkan dan tahapan prosedur yang perlu dilalui, serta mengingat keterampilan awal yang telah dimiliki siswa.

4. Merumuskan Tujuan Kinerja : Tujuan kinerja atau tujuan pembelajaran harus dirumuskan dengan jelas dan spesifik untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

5. Menjelaskan Strategi Pembelajaran : Strategi pembelajaran harus didasarkan pada analisis peserta didik, konteks, dan tujuan pembelajaran. Strategi pembelajaran yang digunakan harus memfasilitasi pembelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

6. Memikirkan dan Memilih Bahan Ajar : Bahan ajar harus dipilih atau dikembangkan berdasarkan analisis peserta didik, konteks, dan strategi pembelajaran. Bahan ajar dapat berupa buku teks, handout, bahan multimedia, dan bahan lain yang digunakan untuk memfasilitasi pembelajaran.

7. Melakukan Revisi Terhadap Desain Pembelajaran : Langkah ini meliputi peninjauan hasil proses evaluasi formatif dan membuat perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan keefektifannya dalam mencapai hasil belajar yang diinginkan.

8. Mempelajari dan Memilih Bahan Ajar : Tahap ini mengembangkan dan memilih bahan ajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan strategi pembelajaran yang digunakan.

9. Melakukan Evaluasi Formatif dan Summatif : Evaluasi formatif dan sumatif dilakukan untuk meninjau hasil proses evaluasi dan membuat perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan keefektifannya dalam mencapai hasil belajar yang diinginkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline