Pada era digital sekarang, kita sering menemukan judul atau thumbnail yang mencolok serta provokatif sehingga menarik perhatian kita secara cepat. Fenomena ini dikenal sebagai clickbait, sebuah strategi yang memanfaatkan tampilan luar dalam sifat sensasional untuk memancing pengguna agar mengklik tautan tertentu. Walau demikian, konten yang ada di balik tampilan tersebut tidak sesuai dengan ekspektasi pengguna yang sudah mengklik konten tersebut karena ketidaksesuaian antara isi dengan tampilan luar. Maka dari itu, disebutlah sebagai clickbait, yakni umpan klik.
Clickbait merajalela di berbagai platform digital, terutama di media sosial seperti YouTube, TikTok, dan Instagram. Platform-platform ini menjadi lahan subur bagi clickbait karena kemudahan bagi judul dan visual bombastis untuk menyebar dan dilihat banyak orang berkat sistem algoritma mereka.
Fenomena clickbait sebenarnya sudah ada sejak lama bahkan sebelum era digital. Namun, clickbait menjadi semakin populer dan meluas dengan munculnya internet dan media sosial karena kemudahan yang tersedia untuk memaksimalkan aksi clickbait demi keuntungan besar.
Jika kalian ingin membaca artikel ini lebih lanjut, kunjungi https://www.binus.tv/virtual-lab/
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H