Lihat ke Halaman Asli

Solidaritas ASEAN Melalui ASEAN Blogger Conference

Diperbarui: 25 Juni 2015   23:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

[caption id="attachment_149184" align="aligncenter" width="640" caption="ASEAN Blogger Community/Admin (aseanblogger.com)"][/caption]

KTT ASEAN yang akan diselenggarakan di Nusa Dua Bali kembali mempertemukan para pemimpin dan delegasi dari negara-negara  ASEAN untuk membahas hal-hal yang bertujuan untuk semakin memperkokoh kerjasama regional ini. Bahkan ada keinginan bersama untuk menjadikan ASEAN sebagai kekuatan ekonomi baru di kawasan Asia Pasifik bahkan dunia. Kerjasama regional inipun dipandang strategis  oleh beberapa pemimpin negara yang sudah lebih maju seperti Jepang, Korea, China bahkan Presiden Obama pun hadir dalam forum ini. Diharapkan akan ada resolusi Bali untuk memperkuat pertemuan ini.

Memanfaatkan momentum ini juga maka kementerian luar negeri melalui bagian kerjasama ASEAN mengundang para blogger (komunitas) di Indonesia untuk bersama-sama dengan para blogger dari negara-negara ASEAN mengadakan pertemuan untuk mempererat hubungan sesama blogger sekaligus tukar pengalaman tentang situasi dan kondisi blogging di negara masing-masing.  Hal ini sangat penting mengingat rekan-rekan blogger di negara-negara tetangga tersebut (berdasarkan informasi) belum bisa berekspresi lewat tulisan, seperti halnya kita yang ada di Indonesia.

Hari ini blogger ASEAN yang pertama bertemu dengan saya adalah dari Thailand. Sama halnya dengan saya yang baru sekali ini ke Bali, dia sangat mengagumi keindahan pulau Dewata ini. Dengan bahasa Inggris yang sama-sama pas-pasan (pas mau bicara pas ingat) kami berdiskusi panjang lebar. Dimulai dengan pernyataan simpati atas banjir yang melanda Bangkok kami terlibat dalam diskusi yang panjang seputar perjalanan menuju ke Bali, aktifitas blogging sampai soal makanan. (Saya hendak menanyakan tentang hasil pertandingan sepakbola SEA Games antara Indonesia vs Thailand, kami sudah diajak makan oleh salah seorang ketua komunitas blogger).

Diskusi berlanjut sampai di tempat makan, terutama tentang ketatnya pengamanan di sekitaran Nusa Dua karena kedatangan Barrack Obama. Bahkan sebelum kedatangan Obama, tidak ada pesawat yang take off maupun landing di Bandara Internasional Ngurah Rai. Kita yang orang kecil hanya pasrah saja dengan kondisi ini.

Satu hal yang menarik terjadi ketika rekan blogger Thailand ini membeli sim card salah satu operator telepon seluler untuk digunakan buat browsing. Pada saat mengganti kartu SIM yang baru ada begitu banyak perintah untuk registrasi yang harus dimasukkan, mulai dari nama, alamat, kota, jenis kelamin, kode pos, tanggal lahir dst. Dengan sedikit jengkel dia mengatakan bahwa kalau di Thailand semua SIM card bisa langsung digunakan tanpa harus registrasi terlebih dahulu. Saya pun coba memberikan penjelasan tentang alasan registrasi ini bahwa ini untuk kontrol dan identifikasi jika terjadi sesuatu yang berhubungan dengan komunikasi dari dan ke SIM card ini. Dengan merapatkan kedua tangannya di depan dada dia minta maaf  (cara hormat khas Thailand)

Kami berharap bahwa lewat ini kegiatan ini akan memperkuat solidaritas sesama negara ASEAN khususnya para blogger melihat materi-materi yang akan dibawakan serta para narasumber diantaranya Menteri Komunikasi dan Informasi  Tifatul Sembiring, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Duta Besar Hazairin Pohan dan Julian Wilson serta para blogger senior Indonesia dan perwakilan Google Asia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline