Lihat ke Halaman Asli

Studi Hadist Analisis Mengenai Slogan "Kebersihan Sebagian dari Iman" dalam Perspektif Hadist Shohih

Diperbarui: 9 Januari 2024   12:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Gibran Muhammad (1225030075), Feri Awaludin Firdaus (1225030070), Muhammad Rhifa Zarkasih (1225030142)

UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Email Koresponden: Info@uinsgd.ac.id

Abstrak 

Hadist merupakan salah satu panduan bagi umat muslim selain Al-quran. Hadist sendiri merupakan kumpulan dari perkataan Nabi Muhammad SAW yang berisi petunjuk mengenai kehidupan sehari hari seperti beribadah, bermasyarakat, berdagang, pemerintahan, dan lainnya. Hadist itu sendiri memiliki tingkat tingkat yang berbeda tergantung dengan keotentikannya. Jurnal ini akan menjelaskan tentang salah satu hadist dhaif yang sering didengar mengenai kebersihan. Yang dimana, hadist tersebut merupakan hadist palsu yang banyak orang keliru terhadap hadist tersebut. Namun, hadist dhaif ini memiliki makna yang baik, sehingga kita boleh mengamalkannya di kehidupan sehari-hari. Akan tetapi kekeliruan terhadap hadist dhaif ini lah yang menjadi masalahnya sehingga hadist ini banyak orang mengira bahwa hadist shohih. Maka,  tujuan jurnal ini adalah untuk meluruskan beberapa kekeliruan mengenai hadist soal kebersihan ini.

 

Keyword: Hadist, Kebersihan, Sekolah, 

 

Pendahuluan 

            Dalam ilmu hadist terdapat beberapa jenis hadist yang dapat kita ketahui, salah satunya yaitu hadist dhaif atau biasa disebut dengan hadist palsu, seperti yang telah kita ketahui bahwa hadist merupakan kumpulan dari perkataan Nabi Muhammad SAW yang berisi petunjuk mengenai kehidupan, namun terdapat pula hadist nabi yang merupakan hadist palsu. Hal ini berarti hadist tersebut tidak memiliki kriteria hadist yang shahih dan hasan salah satunya adalah tidak bersambungnya sanad dan terdapat rawi yang bermasalah.

            Adapun permasalahan yang akan kami luruskan adalah banyaknya slogan-slogan arab yang sering kita temukan dan ada salah satu slogan tersebut orang-orang keliru dan menyebutnya sebagai hadist  contohnya adalah slogan yang biasa ditempel dikelas-kelas sekolahan atau pun masjid.  " " ini adalah salah satu hadist dhaif yang banyak orang mengatakan bahwa ini adalah hadist shahih.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline