Lihat ke Halaman Asli

Mengulik Makna Poster Film The Little Mermaid 2023 Menggunakan Teori Semiotika Roland Barthes

Diperbarui: 14 Juli 2023   15:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Disney Movies

Film menjadi sebuah media komunikasi yang berupa rangkaian dari video, berisi peristiwa-peristiwa yang direkayasa secara berkelanjutan, dan menjadi salah satu media hiburan sangat popular di zaman sekarang. Ada banyak jenis genre film yang dapat dipilih oleh penonton mulai dari film horror, adventure, racing, animasi dan Live Action. Film live action dan animasi menjadi gendre film yang banyak disenangi oleh para penonton dan pengemarnya, yang dimana film tersebut sangat memanjakan mata penonton dengan efek visualnya yang sangat bagus apalagi dengan teknologi perfilman di masa modern sekarang ini, yang membuatnya seakan menjadi nyata. Banyak anak-anak ataupun orang dewasa yang mengemari jenis film tersebut tanpa adanya batasan usia, karena sekarang kedua film live action dan animasi tersebut memiliki rating/segmen yang dapat di tonton oleh orang dewasa dan anak-anak.

      Sebuah film pasti memiliki poster film nya sendiri, yang berfungsi sebagai media komunikasi untuk mempromosikan  dan memperkenalkan film di dalam poster tersebut, berisi informasi, makna, tujuan, dan unsur unsur yang di tuangkan melalui objek visual di dalam poster tersebut untuk menyampaikan berbagai hal agar menarik perhatian dan mempengaruhi orang yang melihatnya. Jadi, seperti yang akan di ungkap dalam artikel ini, yaitu mengungkap dan mengetahui makna atau pesan apa saja yang terdapat pada sebuah poster film The Little Mermaid yang baru rilis di tahun 2023 ini.

      Film animasi klasik Disney yang mendebarkan hati, "The Little Mermaid" telah menjadi salah satu film animasi yang paling disukai dan ikonik sejak dirilis pada tahun 1989. Pada tahun 2023 film animasi ini diangkat menjadi film live action nya yang di produksi oleh Walt Disney Pictures bersama DeLuca Marshall dan Marc Platt Productions. Menceritakan kisah Ariel, seorang putri  bungsu Raja Triton yang suka membangkang, mendambakan untuk lebih kenal jauh tentang kehidupan di daratan atas laut, dan ketika sedang berkunjung ke daratan, ia jatuh cinta pada Pangeran Eric yang menawan.

                                                                                           Poster Promosi Film The Little Mermaid 2023

      Untuk menemukan pesan dan makna yang terkandung dalam poster The Little Mermaid, Teori Semiotika Roland Barthes menjadi alat yang akan digunakan untuk menemukan dan mengetahui makna yang ada dalam poster tersebut. Berbeda dengan Teori Semiotika Ferdinand de Saussure yang memiliki dua bagian, yaitu penanda (signifier) dan pertanda (signified), Teori Semiotika Roland Barthes membagi menjadi tiga bagian yaitu konotasi adalah makna yang terpengaruh oleh psikologi atau perasaan, denotasi adalah makna yang dijelaskan, melibatkan perasaan atau psikologi seseorang, dan mitos adalah makna yang dipengaruhi oleh budaya setempat. Pembedahan pesan dan makna poster film The Little Mermaid 2023 menggunakan Teori Semiotika Roland Barthes dapat dilihat pada table dibawah ini :

Tanda

Denotasi

Konotasi

Mitos

 

Disney Movies

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline