Lihat ke Halaman Asli

Awasi Pola Hidupmu, Asam Urat Siap Menyerang

Diperbarui: 17 Juni 2015   13:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Sebenarnya asam urat memang bukanlah sebuah penyakit yang mematikan namun bukan berarti harus diabaikan. Karena orang menderita asam urat juga bisa dibilang cukup menderita. Ketika seseorang sudag terlanjur terkena asam urat, memang harus cenderung berhati-hati dalam gaya hidup dan juga pola makannya. Orang yang terkena asam urat memiliki berbagai macam makanan yang dilarang dan juga keadaan tertentu yang akan mengakibatkan asam uratnya menjadi bertambah parah.

Pada dasarnya asam urat merupakan salah satu senyawa yang ada dalam tubuh kita. Senyawa ini merupakan turunan dari Purina dan rasio plasma 3,6 mg/dl. Jika seseorang memiliki keadaan kekurangan atau juga kelebihan asam urat ini maka akan berdampak buruk bagi keseimbangan tubuh. Sedangkan yang dinamakan dengan penyakit asam urat adalah jenis penyakit yang berasal dari sisa metabolisme zat purin yang berasal dari sisa makanan yang telah kita konsumsi. Pada dasarnya kandungan asam urat yang ada dalam tubh kita dapat dihitung dengan mudah. Anda bisa pergi ke laboratorium untuk mengecek kadar asam urat tersebut atau juga anda dapat secara mandiri menggunakan salah satu alat yang dapat anda jumpai di toko yang jual alat kesehatan sebagai salah satu contohnya adalah medicalogy.com . selain itu untuk mengetahui anda telah menderita asam urat atau tidak dapat dilihat dari ciri-ciri yang ditunjukkan.

Ciri-ciri yang terlihat tersebut diantaranya adalah biasanya orang yang menderita penyakit ini akan merasakan nyeri terutama pada bagian sendi-sendi seperti pada jari kaki, lutut atau dengkul, pergelangan tangan dan juga kaki, dan juga pada siku. Selain itu juga bisa juga terjadi pembengkakan pada persendian tersebut dan juga rasanya panas dan juga kaku.

Penyakit ini biasanya diderita oleh para orang tua yang telah memasuki usia 40an tahun untuk yang pria, sedangkan untuk wanita ketika ia telah mengalami menopouse. Biasanya, orang yang telah menderita penyakit asam urat ini juga akan disertai dengan adanya keluhan penyakit yang lain seperti tekanan darah yang kemudian akan menjadi naik, adanya keluhan seperti penyakit, diabetes atau kencing manis, gangguan ginjal dan juga aterosklerosis. Dar keseluruhan yang menderita asam urat hampir separuhnya merupakan mereka yang memiliki masalah berat badan yang berlebih. Meski memang tidak begitu berbaya namun bila dibiarkan begitu saja akan dapat menyebabkan batu ginja hingga yang paling parah dapat terjadi gagal ginjal.

Penyakit ini dapat dikurangi dengan pengobatan namun tentu saja ada salah satu hal yang penting yang harus dirubah yaitu pola hidup dan juga pola makan. Selain dengan obat alami ataupun medis, salah satu hal yang penting adalah dengan menghindari berbagai larangan untuk mengkonsumsi jenis makanan tertentu diantaranya adalah jeroan, melinjo, emping, jenis kacang-kacangan, daging kambing, kerang-kerangan, salmon, gajih, jamur, bayam dan juga sawi. Selain itu juga kegiatan pengecekan kadar asam urat dalam tubuh juga akan lebih baik selalu dikontrol dengan menggunakan salah satu alat yang memang banyak sekali tersedia di toko yang jual alat kesehatan. Sebagai contoh salah satualat yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan Family Dr. Uric Acid Test Meter yang secara online dapat anda dapatkan di alamat medicalogy.com. dengan kualitas yang terjamin,dengan tawaran harga yang murah tentu akan sangat bermanfaat sekali bagi anda yang memang sangat peduli terhadap kesehatan anda.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline