Lihat ke Halaman Asli

Naturalisasi? Kenapa Tidak?!

Diperbarui: 24 Juni 2015   03:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13880010221706284397

Di tengah curat-marutnya kepengurusan PSSI dan prestasi timnas (senior dan U-23) tidak memenuhi ekspektasi, bangsa Indonesia bisa tersenyum kembali setelah melihat prestasi Timnas U-19. Tim Garuda Muda mampu meraih Juara Piala AFF U-19 2013 dan Juara Grup C Pra-Piala Asia U-19 2014. Garuda Muda ikut ambil bagian di Piala Asia U-19 tahun depan di Myanmar. Ada secerca harapan sepakbola nasional bisa lebih baik, walaupun hanya berprestasi di tingkat junior. Kualitas permainan mereka yang atraktif dan rapi membuat masyarakat optimis dengan masa depan sepakbola nasional.

Harapan masyarakat begitu besar terhadap Garuda Muda. Berharap Indonesia bisa berbicara banyak di sepakbola Asia bahkan Dunia. Berharap para punggawa Garuda Muda bisa mengembangkan kualitas. 3-4 tahun ke depan bisa menjadi punggawa senior, dewasa, dan berprestasi. Mari kita berdoa semoga sepakbola nasional lebih baik. Dan kita tunggu perkembangan yang lebih baik dari Garuda Muda!!!!

Pemaparan di atas merupakan rangkuman dari artikel pertama saya. Mungkin ada hubungannya dengan isi artikel yang saya buat sekarang ini.

http://olahraga.kompasiana.com/bola/2013/12/25/ambisi-suporter-indonesia-ada-di-garuda-muda-619607.html

Isu naturalisasi sangat  menarik untuk diperbincangkan. Isu ini menjadi pro dan kontra dari masyarakat, pengamat , dan petinggi-petinggi sepakbola nasional. Sejak tahun 2010 isu ini mencuat ke permukaan publik karena Indonesia tidak bisa meraih prestasi. Sampai akhirnya isu itu menjadi langkah nyata menjelang perhelatan Piala AFF 2011. Muncul nama pemain asing –Chritian Gonzalez- dan pemain keturunan –Irfan Bachdim- mengisi daftar skuad Piala AFF 2011 di bawah asuhan coach Afred Riedl. Dan sampai sekarang sudah tercatat ada 14 pemain yang sudah di naturalilasi. Ini dia daftarnya.

No

Nama

Posisi

Tanggal Lahir

Klub

Kompetisi

1

Christian Gonzales

Penyerang

30 Agustus 1976

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline