Lihat ke Halaman Asli

Rezly Syahputra

Mahasiswa UMY

Peran Penting Mahasiswa dalam Digitalisasi UMKM

Diperbarui: 5 Juli 2023   19:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam era digital yang semakin berkembang pesat seperti sekarang, digitalisasi menjadi suatu keharusan bagi setiap sektor, usaha mikro,makro, dan UMKM. UMKM memiliki peran yang penting dalam perekonomian suatu negara namun UMKM masih minim dalam memanfaatkan potensi digitalisasi untuk pengembangan bisnis mereka. Potensi yang diberikan oleh digitalisasi ke dalam pengembangan usaha tentu sangat banyak mulai dari promosi, pemasaran, dan lain-lain. 

Digitalisasi menawarkan beragam peluang bagi UMKM untuk berkembang dan mencapai pasar yang lebih luas. Dengan berinvestasi dalam teknologi digital, UMKM dapat meningkatkan efisiensi operasional mereka, meningkatkan kualitas produk dan layanan, mengoptimalkan rantai pasokan serta meningkatkan kualitas produk dan layanan. Digitalisasi membantu UMKM untuk menghadapi persaingan produk di pasar. 

Peran mahasiswa sangat penting dalam membantu meningkatkan digitalisasi pada UMKM. Mahasiswa memiliki keunggulan dalam hal pengetahuan dan keterampilan di era modern/digitalisasi ini. Dengan akses terhadap perkembangan terbaru, mahasiswa memiliki pemahaman yang lebih dalam terkait tren digital yang dapat diterapkan dalam UMKM. Ada beberapa cara mahasiswa berperan dalam meningkatkan digitalisasi ke UMKM yakni :

  • Pendidikan dan Pelatihan, disini mahasiswa dapat menjadi fasilitator dalam memberikan ilmu mereka kepada UMKM terkait digitalisasi usaha mereka. Seminar atau Workshop yang kerap diadakan oleh mahasiswa menjadi salah satu contoh cara untuk membantu UMKM memahami dan menguasai alat-alat digital.
  • Pendampingan, Mahasiswa dapat terjun secara langsung ke UMKM yang ditujunya untuk menemukan permasalahan yang ada pada UMKM tersebut. Mahasiswa dapat membuatkan rancangan terkait digitalisasi atau platform apa yang dibutuhkan oleh UMKM tersebut supaya usaha dapat ter-optimalisasi dalam SEO (Search Engine Optimization) dimana hal tersebut bisa meningkatkan audiens.
  • Riset dan Inovasi, mahasiswa memiliki potensi untuk melakukan riset dan inovasi di bidang digitalisasi UMKM. Mahasiswa dapat melakukan studi untuk menentukan kebutuhan dan tantangan yang dihadapi UMKM dalam optimalisasi digital.
  • Promosi dan Branding, Mahasiswa dapat memanfaatkan kreatifitas mereka untuk membuat suatu konten yang membantu menaikan awareness terhadap usaha mereka. Mereka dapat secara mudah melakukan promosi dan branding melalui sosial media serta platform-platform digital lainnya.

Peningkatan digitalisasi pada UMKM merupakan langkah penting dalam menghadapi persaingan global dan memperluas peluang bisnis. Peran mahasiswa dalam peningkatan digitalisasi pada UMKM menjadi sangat penting untuk menghadapi tantangan dan menemukan peluang di era digital sekarang ini. 

Melalui pendidikan, konsultasi, riset, dan promosi yang mereka lakukan. Mahasiswa dapat menjadi agen perubahan yang membantu UMKM untuk tumbuh dan bersaing di pasar yang semakin ter-integrasi kedalam platform digital. 

Tentu dalam hal ini mahasiswa juga mendapat keuntungan untuk diri mereka sendiri seperti pengalaman dan keterampilan praktis yang nantinya akan membantu mereka untuk membangun karir mereka di masa depan nanti.

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline