Lihat ke Halaman Asli

Liburanku Tanpa Paspor (Hanya Motor)

Diperbarui: 17 Juni 2015   14:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14194882751178349991

Provinsi Sumatera Selatan merupakan salah satu bagian wilayah Indonesia yang menyimpan sejumlah kekayaan alam.Hal ini dibuktikan dengan adanya sumber tambang batu baru,minyak bumi,perkebunan karet,sawit,dan juga sejumlah kawasan hutan yang masih perawan.Dari sekian banyak sumber daya alam yang terdapat di Sumatera bagian Selatan ini terdapat sejumlah tempat yang dapat dijadikan menu santapan bagi pecinta wisata alam.

Pertama,wisata air terjun bedegung yang terletak di Kabupaten Muara Enim tepatnya di desa Tanjung Enim.Air terjun ini merupakan salah satu air terjun tertinggi yang ada di Indonesia,yaitu dengan ketinggian sekitar 100 meter.Suara gemercik air yang jatuh dari ketinggian ditambah dengan pemandangan disekitarnya dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi santai.Di sekitarnya, Anda dapat menempati pondok-pondok tak berpenghuni secara cuma-cuma untuk bersantai sejenak memulihkan tenaga. Bebatuan besar juga terhampar sehingga Anda bisa duduk-duduk di atasnya seraya menikmati dahsyatnya panorama alam pada Air Terjun Badegung ini. Kesejukan air nya berasal dari mata air di celah Bukit Barisan yang sama sekali tidak pernah kering. Aliran di bawahnya membentuk sungai kecil yang cukup deras dan bebatuan besar juga terhampar di sana. Anda dapat berfoto ria di atas bebatuan ini dengan latar air terjun yang mengucur dengan sangat deras.Untuk mencapai lokasi ini dibutuhkan waktu sekitar 3-4 jam dari kota Palembang.Dan jangan heran ketika memasuki perkampungan di area wisata tersebut,Anda akan disuguhi dengan pemandangan hamparan biji kopi yang dijemur sepanjang jalan sebelum pintu gerbang objek wisata tersebut.Dan tentunya merupakan keunikan tersendiri yang dapat dijumpai.

14194883501570482486

Tempat kedua yang dapat kita telusuri adalah Bukit Selero atau dikenal dengan Gunung Jempol.Tempat ini masih berada di sekitaran Kabupaten Muara Enim.Untuk dapat melihat lebih dekat pemandangan Gunung Jempol ini,kita dapat melintasi kawasan pertambangan yang menurut saya menjadi sensasi tersindiri ketika kita melewatinya.Jalanan tanah dan berbatu membuat kita seakan-akan menjadi off roader.Namun,semuanya akan terbalaskan ketika kita telah mencapai lokasi yang menyuguhkan hamparan tanah kering dengan pemandangan barisan bukit dan juga pegunungan.

14194884151282521988

1419488458957013478

Dan tempat terakhir yang saya kunjungi adalah Kota Pagaralam.Sesuai dengan nama yang disandangnya bahwa kota tersebut terlihat seperti di pagar oleh barisan bukit dan pegunungan.Sejuknya udara dan rimbunnya perkebunan teh sangat memanjakan tubuh dan mata.Perkebunan teh yang berada di kaki Gunung Dempo tersebut merupakan salah satu tempat favorit yang menjadi tujuan keluarga untuk menghabiskan akhir tahun mereka.Sejumlah Villa yang disewakan di pelataran kaki gunung Dempo tersebut tiap tahunnya akan penuh di tempati oleh para wisatawan.Jika Anda yang berasal dari luar kota dan berniat untuk melewati malam pergantian tahun dikawasan pegunungan Dempo,maka sebaiknya lakukan pemesanan penginapan terlebih dahulu.

14194885401990970404

Dan demikian sedikit cerita dari perjalanan saya.Ternyata saya tidak membutuhkan paspor ataupun perlengkapan yang berlebihan untuk menikmati indahnya karunia Sang Pencipta.Mohon maaf atas segala kekurangan yang ada dan Cintailah PLODUK-PLODUK Indonesia !!! :D




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline