Lihat ke Halaman Asli

rezekiendang sri

Manajemen - Mahasiswi

Peran Strategi Pemasaran dan Lokasi Usaha Dalam Upaya Meningkatkan Minat Beli Konsumen Di Toko Buku Gramedia Kota Bekasi

Diperbarui: 15 Januari 2025   20:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

 

2.1       Manajemen Pemasaran

            Menurut Kotler dan Keller (2017:6), manajemen pemasaran merupakan pasar sasaran untuk menarik, mempertahankan, dan meningkatkan konsumen dengan menciptakan dan memberikan kualitas penjualan yang baik. Menurut Assauri (2018:12), manajemen pemasaran merupakan kegiatan menciptakan, mempersiapkan, melaksanakan rencana yang dilakukan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan.

Menurut Tjiptono (2016:63), manajemen pemasaran secara keseluruhan yaitu cara perusahaan melakukan bisnis yang mempersiapkan, dan meningkatkan konsumen mendistribusikan produk, jasa, dan gagasan yang dapat memenuhi kebutuhan pasar sasaran. Berdasarkan beberapa pernyataan para ahli, dapat disimpulkan bahwa manajemen pemasaran merupakan ilmu yang diterapkan pada pelaku usaha bisnis agar tetap hidup melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian dalam konsep pemasaran.

2.1.1    Manfaat Manajemen Pemasaran

Menurut Kotler dan Keller (2016) manfaat manajemen pemasaran merupakan hal yang dilakukan untuk memenuhi setiap kebutuhan (kebutuhan konsumen) dengan cara yang menguntungkan dari semua pihak. Adapun bagian dari beberapa manfaat yaitu : 

Meningkatkan keuntungan dan penjualan

Membangun keunggulan kompetitif

Meningkatkan efisiensi dan efektivitas

Meningkatkan kesadaran merek dan reputasi

Memfasilitasi pertumbuhan dan pengembangan bisnis

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline