BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Manajemen Pemasaran
Menurut Kotler dan Keller (2017:6), manajemen pemasaran merupakan pasar sasaran untuk menarik, mempertahankan, dan meningkatkan konsumen dengan menciptakan dan memberikan kualitas penjualan yang baik. Menurut Assauri (2018:12), manajemen pemasaran merupakan kegiatan menciptakan, mempersiapkan, melaksanakan rencana yang dilakukan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan.
Menurut Tjiptono (2016:63), manajemen pemasaran secara keseluruhan yaitu cara perusahaan melakukan bisnis yang mempersiapkan, dan meningkatkan konsumen mendistribusikan produk, jasa, dan gagasan yang dapat memenuhi kebutuhan pasar sasaran. Berdasarkan beberapa pernyataan para ahli, dapat disimpulkan bahwa manajemen pemasaran merupakan ilmu yang diterapkan pada pelaku usaha bisnis agar tetap hidup melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian dalam konsep pemasaran.
2.1.1 Manfaat Manajemen Pemasaran
Menurut Kotler dan Keller (2016) manfaat manajemen pemasaran merupakan hal yang dilakukan untuk memenuhi setiap kebutuhan (kebutuhan konsumen) dengan cara yang menguntungkan dari semua pihak. Adapun bagian dari beberapa manfaat yaitu :
Meningkatkan keuntungan dan penjualan
Membangun keunggulan kompetitif
Meningkatkan efisiensi dan efektivitas
Meningkatkan kesadaran merek dan reputasi
Memfasilitasi pertumbuhan dan pengembangan bisnis