Kondisi yang menjadi latar belakang masalah
Dari hasil AKPD sebanyak 31 dari 36 siswa kelas X TAV SMKN 1 Jetis atau sebanyak 88% memilih item no 37 dengan butir saya merasa kesulitan memahami pelajaran tertentu. Dari hasil wawancara dengan walikelas terdapat 6 siswa yang masih kesulitan dalam memahami pelajaran tertentu.
Dari hasil nilai di beberapa mata pelajaran, terutama mata pelajarn produktif ke 6 siswa cenderung mendapatkan nilai dibawah rata-rata. Motivasi belajar menjadi salah satu faktor penyebabnya. Guru BK Mengundang ke 6 siswa tersebut untuk diberikan bimbingan.
Maka layanan yang sesuai diberikan adalah dengan bimbingan kelompok dengan tema "meningkatkan motivasi belajar pada pelajaran tertentu". Tujuan di lakukan bimbingan kelompok ini adalah 1. Siswa dapat mengidentifikasi faktor faktor pendukung motivasi 2. siswa dapat membangun motivasi belajar 3. siswa dapat merancang jadwal belajarnya dengan baik. Metode layanan yang diberikan adalah dengan media permainan ulartangga yang diberi nama peta motivasi belajar.
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan
Praktik ini penting untuk kami bagikan karena motivasi belajar siswa yang rendah dapat menggangu perkembangan belajar siswa sehingga dapat menimbulkan hambatan belajar. Guru BK mencoba memberikan layanan bimbingan kelompok agar motivasi belajar siswa meningkat dan mengoptimalkan perkembangan belajar siswa. Dalam pemberian layanan kami menggunakan permainan ular tangga sebagai media pembelajaran yang dibuat dari canva.
Sebagai pemahaman akhir kami juga menggunakan media wordwall roda aca yang berisi pertanyaan ketika sebagai inovasi dan kreativitas pada proses pemberian layanan BK. Dengan harapan siswa lebih tertarik selama pemberian layanan dan siswa mendapatkan pengetahuan akan ketrampilan abad 21
Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda ?
Dalam praktik ini kami berperan aktif sebagai Guru BK yang memberikan layanan bimbingan kelompok (metode permainan ular tangga) kepada siswa berdasarkan pada need asessment di lapangan yang menjadi acuan dalam melakukan praktik baik. Dalam proses praktik baik ini kami bertanggungjawab untuk memberikan layanan bimbingan kelompok yang sesuai dan tepat dengan kebutuhan dari peserta didik kami terutama
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?