Lihat ke Halaman Asli

Strategi Komunikasi yang Persuasif

Diperbarui: 24 Juni 2015   21:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

(100motivasi.wordpress.com)

Apapun yang kita lakukan atau abaikan sangatlah berpengaruh pada kredibilitas dan keahlian kita dalam mempengaruhi orang lain. -Brian Tracy

Sejak jaman dahulu kala, para filsuf Yunani telah merumuskan dan menuliskan tentang teknik mempengaruhi orang lain dalam berkomunikasi. Saya telah menuliskannya di blog 100motivasi dengan menjabarkan rumusan ethos, pathos dan logos yang bisa dibaca disini.


Ethos dan etika dalam berkomunikasi berkaitan dengan kepribadian serta kredibilitas seseorang yang dinilai oleh orang lain khususnya yang melakukan kontak komunikasi dengannya. Segala tindak-tanduk atau perilaku kita sangatlah penting dalam menambah atau malah mengurangi kredibilitas kita.


PENTINGNYA KESAN PERTAMA


Kredibilitas sangatlah penting dalam membangun kepercayaan sebagai landasan dalam setiap modus komunikasi. Dan kita bisa secara bertahap meningkatkan pengaruh dari awal pertemuan kita dengan siapapun. Mulailah dengan penampilan yang baik.


Kesan pertama begitu penting karena bisa saja menjadi penentu sehingga tidak ada lagi kesempatan kedua. Penilaian seseorang ketika pertama berjumpa bisa berlangsung hanya beberapa puluh detik saja.


Dalam survei industri, para perekrut tenaga kerja di sebuah perusahaan secara umum menilai bahkan memutuskan untuk menerima atau menolak kandidat pegawainya hanya dalam semenit pada pertemuan pertama saja.


Maka dari itu, penampilan haruslah dijaga termasuk cara kita berpakaian karena pakaian menutupi 90 persen tubuh kita. Selanjutnya adalah menata rambut dan menjaga kebersihan muka. Kemudian, kita juga mesti memiliki aksesoris yang bisa membantu kita dalam memotivasi seperti dasi, jam, cincin, pulpen atau pena, tas kantor, dan sebagainya.


Etiket selanjutnya yang perlu dipersiapkan adalah berusaha memberikan kesan yang hangat dengan senyum yang ramah dan jabat tangan yang antusias. Dan hal ini berkaitan dengan segi pathos atau sisi emosi dalam komunikasi.


MENARIK EMPATI LAWAN BICARA


Dalam ilmu pemasaran modern, keahlian mempengaruhi emosi dan alam bawah sadar pelanggan amatlah penting. Oleh karena, kebanyakan keputusan pembelian bersifat emosional. Maka dari itu, para wiraniaga harus bisa menarik empati para prospeknya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline