Lihat ke Halaman Asli

3 Tips Marketing yang Efektif

Diperbarui: 25 Juni 2015   02:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

100motivasi.wordpress.com -

Berikan mereka kualitas, itu adalah jenis iklan yang terbaik. -Milton Hershey


Ada tiga upaya pemasaran yang telah teruji paling menentukan kesuksesan dari penjualan suatu produk atau jasa. Ketiga tips marketing efektif menurut blog 100motivasi adalah sebagai berikut.

Pertama, kemukakan manfaat atau benefit dari setiap komunikasi kepada pelanggan. Iklan, brosur, spanduk, billboard, kemasan, presentasi lisan oleh sales person, dan sebagainya harus mengungkapkan manfaat secara langsung dan jelas yang bukan hanya sekedar fitur-fitur yang terdapat pada suatu produk.

Hal ini disebabkan karena manfaat langsung yang jelas akan lebih persuasif daripada sekedar fitur yang cenderung bersifat teknis. Misalnya; sebuah mesin cetak (printer) dipromosikan bisa juga untuk memfotokopi, mengirimkan fax, dan memindai/scan.

Semuanya masih berupa fitur. Sedangkan manfaat yang jelas bisa dirumuskan dengan menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan dari sang pelanggan. Bisa saja dia sudah memiliki kesemua mesin tersebut (printer, fax, xerox, scanner) dan tidak butuh mesin yang baru.

Tetapi dengan mengemukakan manfaat langsung yang jelas, pesan pemasaran tersebut bisa menjadi lebih persuasif atau membujuk prospek agar mau membelinya.

Contohnya, sang penjual bisa mengungkapkan betapa iritnya mesin itu dan dapat sangat menghemat tempat. Meringankan kerumitan dengan pengoperasian beragam fungsi oleh satu mesin saja. Meningkatkan produktivitas dengan efisiensi dan kecepatan mencetak yang lebih tinggi untuk hasil cetak yang lebih banyak, dan sebagainya.

Intinya adalah: fitur hanya menunjukkan kualifikasi keunggulan produk saja secara teknis tapi kurang persuasif. Sedangkan manfaat langsung yang jelas bisa sangat membujuk karena pelanggan tidak perlu berpikir secara rumit.

Jadi, manfaat menunjukkan hasil yang bisa didapat dari penggunaan/konsumsi produk sehingga bisa membantu konsumen mencapai tujuan bisnisnya atau kepuasan dari pemenuhan kebutuhannya.

Tips yang kedua adalah membangun kepercayaan atau reputasi bahwa produk atau perusahaan yang telah mempromosikan manfaat dari fitur-fitur produknya memang mampu memberikan manfaat tersebut.

Upaya marketing perusahaan harus didukung dengan alasan dan kompetensi yang kuat. Raih kepercayaan pelanggan dengan membangun reputasi yang berkualitas. Yakinkan prospek bahwa produk kita memang sanggup memberikan manfaat yang dikemukakan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline