Lihat ke Halaman Asli

Ihsan RezaTriansyah

Mahasiswa ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya

Freelance di Internet: Pilihan Side Job yang Menarik bagi Anak Muda

Diperbarui: 10 Desember 2023   18:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Freelance sendiri merupakan pekerjaan yang dilakukan secara mandiri tanpa terikat oleh kontrak kerja tetap dengan sebuah perusahaan atau organisasi. Pekerja freelance biasanya menawarkan jasa dirinya kepada klien yang membutuhkan jasa atau keahlian tertentu, seperti jasa penulisan artikel atau blog, jasa desain grafis, jasa pengembangan web, jasa pemasaran produk digital(digital Marketing), jasa fotografi atau videografi, dan lain lain.

Freelance sendiri menjadikan pekerjan yang menjanjikan apabila kita mau belajar dan menekuni bidang tersebut sesuai dengan hobi dan kemauan yang kita inginkan. Selain tidak terikat dengan sebuah perusahaan atau sebuah organisasi, freelance dapat menjadikan batu loncatan sebagai bahan portofolio kalian sebelum masuk didunia kerja.  Apalagi dijaman serba internet membuat segala informasi dapat kita dapatkan, membuat Freelance diinternet menjadi semakin populer di kalangan anak muda, terutama di era digital yang serba cepat dan dinamis ini. Ada beberapa alasan mengapa freelance di internet menjadi pilihan side job yang menarik bagi anak muda, pertama yaitu

Fleksibilitas, Freelance di internet memberikan kebebasan bagi anak muda untuk menentukan jenis pekerjaan, waktu kerja, tempat kerja, dan tarif jasa mereka sendiri. Anak muda yang masuk kedunia  freelance tidak perlu mengikuti aturan atau jadwal yang ditetapkan oleh perusahaan, melainkan dapat mengatur sendiri jam kerja mereka sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Hal ini yang menjadi alasan anak muda untuk menjadikan freelance sebagai penghasilan tambahan disaat mereka sekolah ataupun kuliah. Pekerjaan Freelance ini juga cocok bagi anak muda yang ingin belajar skill baru, belajar kreatif, manajemen waktu, dan disertai mencari uang tambahan. Kedua,

Freelance di internet dapat menjadi sumber pendapatan utama maupun tambahan bagi anak muda yang ingin finansial mereka tercukupi. Pekerja freelance dapat menyesuaikan tarif jasa mereka sesuai dengan kualitas dan tingkat kesulitan pekerjaan yang mereka lakukan. Selain itu, pekerja freelance juga dapat mengambil lebih dari satu proyek sekaligus, asalkan dapat menyelesaikannya dengan baik dan tepat waktu. Dengan banyaknya klien yang mereka terima, membuat pekerja freelance dapat memaksimalkan potensi penghasilan mereka dari pekerjaan lewat internet.

Freelance di internet juga dapat menjadi sarana bagi anak muda untuk mendapatkan pengalaman kerja yang meningkatkan kretivitas mereka. Pekerja freelance dapat memilih proyek yang sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan mereka, serta berkesempatan untuk bekerja dengan klien dari berbagai bidang dan latar belakang. Hal ini dapat membantu pekerja freelance untuk mengembangkan skill,keterampilan, pengetahuan, kretivitas dan relasi mereka.

 

itu tadi keuntungan anak muda jika ingin terjun didunia freelance diinternet. Namun pekerjaan freelance ini juga memiliki tantangan tersendiri bagi anak muda yang mau terjun didunia freelance yaiutu Ketidakpastian pekerjaan, para pekerja Freelance di internet tidak selalu mendapat pekerjaa/job setiap hari, mereka harus  selalu siap menghadapi persaingan yang ketat dengan para pekerja freelance lain, permintaan klien yang banyak mau, dan risiko tidak dibayar oleh klien. Selain itu, pekerja freelance juga tidak mendapatkan fasilitas seperti cuti, jaminan sosial, dan pensiun yang biasanya diberikan oleh perusahaan kepada pekerja tetap. Oleh karena itu, para anak muda harus mencari main job mereka sebagai penghasilan utama dan jadikan freelance ini sebagai side job mereka sebagai tambahan untuk penghasilan utama mereka.  Pekerja freelance ini juga harus memiliki manajemen keuangan yang baik dan wajib menyisihkan sebagian penghasilan mereka untuk keperluan darurat dan masa depan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline