Lihat ke Halaman Asli

Reza Saputra

Guru Geografi

Kampanye Air di SMAN 93 Jakarta

Diperbarui: 29 Februari 2024   10:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengamatan penghematan air untuk meningkatkan perilaku  siswa-siswi terhadap penggunaan air yang baik dan benar di SMA N 93 jakarta timur pada kelas X-3 Semester 2 tahun pelajaran 2024. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran pelaksanaan tentang penghematan air pada siswa- siswi kelas 10-3, Di SMA N 93 jakarta  timur. pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan warga SMA N 93 jakarta timur. jumlah siswa-siswi yang melakukan penelitian ini adalah 36 siswa. Penelitian ini dilakukan di wastafel kantin sekolah, wastafel kamar mandi laki-laki dan Perempuan, wastafel untuk Budi daya tanaman sekolah, wastafel depan masjid dan wastafel depan kelas. 

Penelitian ini mengeksplorasi upaya penghematan air di wastafel sekolah sebagai langkah proaktif untuk mengurangi konsumsi air dan mempromosikan kesadaran lingkungan di kalangan siswa. Metode pengumpulan data melibatkan survei, observasi. Studi ini mengidentifikasi bahwa penggunaan air di wastafel sekolah dapat dikurangi melalui pendekatan yang terintegrasi. Selain itu, penelitian ini menyoroti pentingnya edukasi siswa tentang praktik penghematan air melalui kampanye sosial dan pendidikan lingkungan. Perlibatan siswa dalam program penghematan air sekolah menjadi kunci keberhasilan dalam menciptakan perilaku yang berkelanjutan terkait penggunaan air.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline