Lihat ke Halaman Asli

Reza Ramadan

Mahasiswa/Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Pendampingan dan Penataan Ruang Menunjang Ketertarikan Konsumen

Diperbarui: 18 Juni 2022   16:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Flanel & Kemeja di Warung Second Sda. dokpri

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan sebuah kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Saat Pandemi, kegiatan pengabdian ke masyarakat dilaksanakan oleh mahasiswa di wilayah domisili masing – masing secara mandiri dan tidak berkelompok. Pada tahun 2022 ini semua orang di seluruh dunia sedang bangkit dari adanya pandemic covid-19 ini. Pandemi ini sangat mempengaruhi seluruh kegiatan manusia mulai dari aspek sosial, ekonomi dan aspek pendidikan. Dari aspek ekonomi sendiri banyak usaha kecil milik masyarakat yang kian terpuruk. Peningkatan produktifitas merupakan salah satu langkah untuk bertahan dari pandemic Covid-19 yang hingga kini masih terjadi.

Sedati Gede merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatani Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur. Desa Sedati Gede memiliki potensi desa cukup besar, antara lain potensi pertanian, mempunyai tempat strategis untuk membuka peluang usaha.Namun pada masa pandemi Covid-19 semua sektor ekonomi terdampak sangat signifikan . Dampak lain dari Covid-19, beberapa UMKM yang mengalami penurunan, namun akhirnya bangkit dan berkembang. Pada masa sekarang era digital marketing sudah berkembang pesat dan dapat digunakan untuk meningkatkan pelanggan/konsumen. Marketplace ini sebagai bentuk perkembangan teknologi yang digunakan sebagai inovasi atau perubahan metode penjualan. 

Membantu penataan ruang serta pemasangan fasilitas di Warung Second Sda.dokpri

Dalam upaya untuk mengoptimalkan dimasa pandemi Covid-19 ini, pada UMKM yang bernama Warung Second Sda ini menjadi salah satu upaya dalam peningkatan dan pengembangan ekonomi.Permasalahan yang dihadapi mitra ialah menurunnya minat pembeli terhadap produk yang dijual. Dengan upaya ini mitra ingin meningkatkan penjualan dengan menggunakan metode Offline Store dan Digital Marketing, dan produk akan dipromosikan melalui media social seperti Instagram dan E-Commerce dengan harapan tinggi tingkat penjualan bisa meningkat.

Di era Pandemi COVID-19, para pelaku UMKM terpaksa harus menyesuaikan diri dengan digital marketing sebagai sarana memasarkan produk. Sistem pemasaran yang memanfaatkan e-commerce dan sosial media, membuat pelaku UMKM untuk berinteraksi dengan konsumen secara virtual dengan jangkauan luas. Digital marketing merupakan sebuah sarana baru untuk memasarkan produk secara digital dan virtual memungkinkan konsumen untuk mendapatkan informasi tentang produk, dan melakukan pembelian melalui internet.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline