Lihat ke Halaman Asli

Reza Rahmatullah

Book and movie enthusiasts

Spotlight: Membongkar Kebohongan Orang Suci

Diperbarui: 3 September 2023   11:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

Kekuasaan dan pengaruh merupakan dua unsur yang sangat dominan dalam kehidupa sosial. Kedua unsur ini bisa menghasilkan perlindungan yang luar biasa kuat pada orang yang memilikinya, yang tidak jarang digunakan untuk menutupi kerusakan moral orang tersebut. 

Orang-orang yang memiliki kekuasaan dan pengaruh ini basanya adalah mereka yang memiliki kedudukan tinggi atau pengaruh yang kuat, misalnya seperti aparatur pemerintah, penguasaha besar, para pemuka agama, hingga tokoh media besar. Orang-orang ini seringkali memiliki kepercayaan dan perlindungan dari masyarakat, dengan hal ini mereka bisa menyembunyikan tindakan tidak etis yang mereka lakukan.

Film ini akan mempertontonkan bagaimana kekuasaan dan juga pengaruh digunakan menutupi sebuah skandal. Film ini membawa kita ke dalam kisah menggemparkan tentang pelecehan seksual, yang tersembunyi di balik citra orang-orang berpengaruh, seperti pemuka agama yang disegani. 

Film ini diangkat dari kisah nyata atas skandal pelecehan seksual yang dilakukan oleh Pastur Gereja Katolik Boston, yang berusaha diungkap oleh salah satu media lokal Bernama The Boston Globe. Media lokal ini memiliki tim yang bernama Spotlight, yaitu tim yang bertugas memuat berita investigasi.

Melalui film ini kita di ajak untuk menjelajahi dunia yang kompleks dengan keberanian. Film ini memperlihatkan bagaimana sulitnya korban dalam membuka diri untuk bercerita tentang hal yang mereka alami. Selain itu, memperlihatkan banyak emosi serta simpati mereka terhadap para korban, juga penerimaan fakta bahwa orang yang melakukan pelecehan tersebut adalah orang yang dipercaya sebagai orang baik, yaitu pemimpin dari agama yang mereka imani.

Film ini juga memperlihatkan banyak sudut pandang dalam melihat sebuah peristiwa, mulai dari para jurnalis, korban, orang tua, pemerintah, pengacara, dan pihak gereja sendiri. Hal yang terjadi dalam film ini, mungkin bisa membantu kita memahami kenapa banyak korban pelecehan seksual di berbagai tempat, banyak yang memilih untuk diam terhadap pengalaman pahit yang mereka alami. 

Di sini akan diperlihatkan bagaimana kompleksnya lapisan fakta dalam mengungkapkan skandal tersebut, menyoroti bagaimana ketidaksetaraan dalam kekuasaan bisa memengaruhi keberanian korban untuk bersuara, dan mengungkapkan kebenaran yang tersembunyi.

Dalam film ini, kita akan melihat bagaimana proses potongan informasi sampai menjadi sebuah berita utuh yang bias akita baca. Film ini juga memperlihatkan kegigihan para jurnalis dalam menggali informasi, dan emosi yang mereka rasakan saat mengerjakan investigasinya. 

Sebab kasus ini bukalnlah perkara mudah untuk diungkap, karena biasanya kasus semacam ini sengaja ditutupi dengan alibi menjaga nama baik gereja, dan tidak ingin mengundang kehebohan publik.

Pada akhir film, kita akan melihat bagaimana pengaruh media massa dalam membantu para korban. Di mana berkat berita yang dimuat oleh tim spotlight ini, banyak para korban ataupun saksi yang berani membuka diri untuk menceritakan pengalaman mereka terhadap kasus serupa. Bahkan, bukan hanya kasus yang terjadi dari daerah Boston saja, karena ternyata banyak korban lain yang memiliki pengalaman serupa di belahan dunia lain, seperti Filipina, Australia, bahkan Eropa.

Film ini memiliki durasi yang cukup panjang, yakni dua jam sembilan menit. Oleh karena itu, penting untuk memilih waktu yang tepat untuk menontonnya. Selain durasinya yang panjang, film ini juga mengangkat topik yang berat. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline