Lihat ke Halaman Asli

Humas Lapas Besi

Public Relations at Lapas Kelas IIA Besi Nusakambangan

Berikan Bekal Kewirausahaan, Lapas Besi Adakan Pelatihan Bekam Bagi Narapidana Terorisme

Diperbarui: 19 September 2023   11:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. humas lapas besi

CILACAP -- INFO_PAS. Dalam mendukung pelaksanaan progam deradikalisasi, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Besi Nusakambangan mengadakan pelatihan kewirausahaan bagi Warga Binaan Kasus Terorisme.

Bertempat di Aula Wijaya Kusuma, pada Selasa (19/09) para Warga Binaan kasus terorisme Lapas Besi mengikuti pelatihan lanjutan Thibbun Nabawi berupa terapi bekam. Kegiatan pelatihan kewirausahaan ini bekerja sama dengan Ditjen Idensos Densus 88 AT yang juga menggandeng Lembaga Pelatihan Kerja Lebah Mas Cilacap.

Dituturkan oleh Sinshe Seto Widigdo Utomo dari LPK Lebah Mas bahwa bekam atau hijamah merupakan salah satu warisan pengobatan yang sudah ada di masa Rasulullah Muhammad Shalallahu 'alaihi Wassalam dan menjadi salah satu pengobatan yang disarankan oleh Rasullullah sebagai salah satu ikhtiar terhindar dari penyakit, maka bisa dikatakan bekam merupakan living sunah untuk hidup sehat.

Beberapa manfaat dari terapi bekam antara lain yaitu mengeluarkan darah kotor, baik darah yang teracuni maupun darah yang statis, sehingga peredaran darah yang semula tersumbat menjadi lancar kembali.

Meringankan tubuh, banyaknya kandungan darah kotor yang menumpuk di bawah permukaan kulit seseorang akan mengakibatkan terasa malas dan berat. Dengan dibekam, maka akan meringankan tubuh.

Kemudian juga bermanfaat untuk menajamkan penglihatan. Tersumbatnya peredaran darah ke mata mengakibatkan penglihatan akan menjadi buram. Setelah dibekam, peredaran darah yang tersumbat kembali lancar dan mata bisa melihat dengan terang.

Kepala Lapas Besi Sulardi mengungkapkan bahwa pelatihan kewirausahan ini merupakan hasil sinergitas Lapas Besi dengan Direktorat Jenderal Idensos Densus 88 Anti Teror Polri dan LPK Lebah Mas dari Perhimpunan Bekam Indonesia cabang Cilacap.

"Saya berharap melalui pembekalan kewirausahaan melalui praktek pengobatan Thibbun Nabawi ini, nantinya para Warga Binaan mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan mereka secara efektif ketika kembali ke masyarakat," tutup Sulardi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline