Lihat ke Halaman Asli

Muhamad syahreza jaelani

Mahasiswa Universitas Haluoleo

Materi Awal Data Mining

Diperbarui: 14 September 2022   13:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Assalamulaikum warohmatullahi wabarokatuh... Saya Muhamad syah reza jaelani dengan NIM E1E12005. Pada artikel ini akan menjelaskan tentang beberapa Materi awal perkuliahan Data Mining yang saya pahami. 

Jadi, data mining pada dasarnya adalah sebuah proses yang dilakukan kepada data yang bertujuan untuk mencari hal hal penting dari data yang ada, yang kemudian dapat dimanfaatkan sebagai sebuah informasi berguna yang bisa menjadi pengetahuan (knowledge) yang memiliki value bagi orang tersebut. 

Konsep Data mining telah dikembangkan dalam waktu yang lama, adapun "data mining" baru dikenal dan dikembangkan sejak pertama kali komputer diciptakan, yaitu sekitar tahun 1945 hingga sekarang.

Data mining sendiri bukan merupakan sebuah proses dengan satu langkah sederhana, melainkan merupakan proses yang terdiri atas banyak langkah dan terdiri dari beberapa langkah / iterasi, yaitu dari database / sumber data --> dikumpulkan menjadi sebuah kumpulan data yang diinginkan --> kemudian akan difilter / disaring lagi menjadi data data yang relevan / layak --> dan terakhir akan dilakukan data mining untuk memberikan hasil berupa informasi yang bisa disajikan dalam bentuk diagram, data statistik, dsb --> kemudian informasi tersebut dapat menjadi sebuah pengetahuan bagi yang membacanya.

Proses ini dinamakan dengan proses KDD (Knowledge Discovery in Databases). Adapun data mining ini memiliki banyak manfaat, yaitu dengan data mining kita bisa memperoleh pengetahuan dari data yang ada, dan data mining ini ada dalam segala sektor kehidupan kita bahkan kehidupan sehari hari. dalam sektor perbankan misalnya data mining bisa digunakan untuk mengetahui data nasabah di bank tersebut seperti nama, alamat, rekening, transaksi, dsb. 

Adapun dalam kehidupan sehari hari kita selalu melakukan data mining, seperti menganalisa hal yang kita lihat, misalnya saat melihat mobil kita dapat mengetahui warna, ukuran, dsb. dari mobil tersebut hanya dengan melihat mobil tersebut.






BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline