Lihat ke Halaman Asli

Gelar Budaya Indonesia di Chile (Ternyata Pak SBY dikenal)

Diperbarui: 25 Juni 2015   20:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1328292958948891012

Berbagai produk kerajinan tangan hasil tangan-tangan trampil pengrajin indonesia berkualitas baik memenuhi ruang pamer pada expo arte 2012 (pameran seni) di santo domingo, chile pada 28/1 s.d. 12/2.

Expo arte  adalah pameran seni yang digelar setiap tahun di san domingo pada musimpanas oleh pemerintah provinsisan Antonio. Pameran ini diselenggarakandengan mengundangguest of honor / tamu kehormatan dari seluruh negara yang memiliki kedutaan secara bergantian. Gelar budaya bertempat di sekolahhelen lee lasen.

[caption id="attachment_158824" align="aligncenter" width="342" caption="pak dubes ri di santiago saat pidato pembukaan expo arte 2012"][/caption] Tahun iniindonesia diundangsebagai tamu kehormatan. Jadilah kedutaan indonesia di Santiago memanfaatkan acara tersebut sebagai ajang mempromosikan indonesia dalam bentuk presentasi tentang pariwisata indonesia, produk ekspor indonesia, kuliner, kuis tentang indonesia dan seni tari.

Santo Domingo merupakan kota yang dianggap sebagai “kota orang kaya” di chile, karenakota ini semacam tempat istirahat dan liburan mereka yang berduit, yang umumnya juga memiliki rumah/apartemen di santiago (ibu kota chile).

Kerajinan tangan yang digelar adalah milik seorang mantan  importir chile, señora rosa simonuvic yang bersuamikan seorang wni.  Produk yang dipamerkan sangat bervariasi, mulai dari  kandang burung sampai furniture  seperti meja terbuat dari kayu,  tas dan dompet wanita terbuat dari kulit, patung motif manusia, seperti patung budha, dan patung  hewan seperti kucing,bebek, zebra, burung, kupu-kupu, ayam,  juga pernik-pernik atau asesories wanita terbuat dari mutiara seperti gelang, kalung,  tak ketinggalan  adalah batik (baju pria wanita, sarung bantal, bed cover, taplak meja), keranjang rotan, angklung, dan lain-lain, seperti pada gambar dibawah ini :

1328289099772811306

1328299158385912819

13282992542093593740

1328289996632542855

Selain produk handicraft, dipamerkan pulaberbagai produk ekspor indonesia seperti sepatu olah raga merk league,produkkaret untuk pabrik dan mobil,kosmetik dan produk spa mustika ratu, handukmerk terry palmer, boneka, produk kesehatan/ sarung tangan dll,  brosur produk eksportir indonesia produk kaca untuk rumah/apartemen, benang, produk plastik seperti  housewares, karung plastik untuk industri,  makanan olahan seperti mie instantdan lain-lain, seperti gambar dibawah ini :

13282979571318430706

Sebelum presentasi, diputar film tentang pariwisata indonesiayang berdurasi sekitar lima menit. Presentasi tentang indonesia (meliputi sosial, ekonomi, plitik, budaya dll) disampaikan oleh duta besar indonesia di santiago, bapak aloysius lele madja, yang dalam presentasinya mengundang masyarakat chileuntuk menjadikan indonesia sebagai salah satutempat berlibur, dan mengundang pebisnis chile untuk berbisnis dengan dunia usaha indonesia dan berkunjung pada pameran berskala internasional yang digelar di jakarta seperti iffina, inacraft dan trade expo indonesia 2012.

Sesudah presentasi peserta diperkenalkan dengan penganan kecil khas indonesia dan bisa di icip-icip seadanya, seperti rempeyek kacang, tahu isi, sate ayam, kue pisang berbalut daun pisang dan lemper.

Pembukaan expo arte dihadiri oleh sekitar seribu penonton,diantaranya walikota, pemda setempat, pebisnis, masyarakat umum, kalangan sekolah dan para pelukis yang lukisannya dipamerkan pada pameran expo arte tersebut. Pak dubes memberikan pidato singkat dalam bahasa spanyol.

Seusai pidato pak dubes, pembawa acara dari indonesia menyisipkan acara kuis yang meliputi dua pertanyaan tentang indonesia, salah satu pertanyaan adalah siapa presiden indonesia. Seorangpemuda chile mengangkat tangan untuk menjawab pertanyaan tersebut sambil berlari ke arah pembawa acara, dan menyebut nama pak susilo bambang yudhoyono (ternyata pak SBY  dikenal  di santo domingo,  jujur buat saya ini rada surprise, mengingat dalam banyak kesempatan, jangankan presiden kita, nama indonesiapun tidak terlalu dikenal), penonton bertepuk tangan dan sang pembawa acara memberi hadiah kepada si pemuda (kalo gak salah hadiahnya batik). Ups..tiba-tiba seorang anak  perempuan  kecil juga berlari ke arah pembawa acara untuk minta hadiah.. suasana jadi tambah rame..hehehe.

Panitia  mengundang  televisi setempat jadi acara ini disiarkan  televisi setempat. Usaikuis, acara ditutup dengan gelar seni tari indonesia. Tarian dibawakan oleh anak-anak indonesia yang ada dichile (adajuga sih orang dewasa / karena kurangorang). Tarian yang digelar adalah tari saman (aceh), tari jai (nusa tenggara timur) dan sajojo (papua) (sayang sekali foto tari sajojo yang saya jepret kurang fokus jadi  kurang bagus  ditampilkan di sini).

[caption id="attachment_158825" align="aligncenter" width="359" caption="tari saman (aceh)"]

13282936022089250482

[/caption]

[caption id="attachment_158820" align="aligncenter" width="364" caption="tari saman (aceh)"]

1328290849119641691

[/caption]

 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline