Lihat ke Halaman Asli

Menyusul Demo Mahasiswa, Pekerja Chile Ikut Demo

Diperbarui: 26 Juni 2015   02:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Paro de la CUT en La Granja

[caption id="" align="aligncenter" width="618" caption="(gambar dari google, el mercurio)"][/caption]

Dua hari  yang lalu  saat anak saya mau ke sekolah,  sampai didepan sekolah,  pintu gerbang sekolah telah dipagari dengan bangku-bangku belajar yang  digantung pagar sekolah,  didepan sekolah  berjejer kakak - kakak kelas  dari SMA, beberapa spanduk  terpajang didepan sekolah  negeri  leonardo da vinci. Setengah berteriak gurunya  yang  turut berada di depan  sekolah mengatakan : "no  clase  hoy  y manana" (hari ini dan besok tidak ada kelas).  Oops, ternyata  di sekolah leonardo da vinci  mulai ikut  pulak  berdemo  seperti sekolah-sekolah yang lain  di chile  yang sejak bulan mei bergolak.  Dasar bocah, bisa dipastikan,  anak saya cengengesan pulang dengan senang hati  karena tidak bersekolah.

Demo yang  semula  akan berlangsung dua hari (24 dan 25/8)  melebar menjadi tiga hari di  chile  adalah  demo yang  dimotori oleh  serikat buruh terbesar di chile  yaitu CUT (central unitario del trabajo) yang intinya    mendukung demo yang digelar oleh pelajar dan mahasiswa chile sejak mei 2011 yang menuntut reformasi sistem pendidikan  yang adil, berkualitas dan gratis,  peningkatan anggaran  di sektor pendidikan, yaitu dari 4,1 % menjadi 7 %, dan rekonstruksi sekolah yang rusak akibat gempa tahun 2010 yang masih terlantar.

Pada demonstran yang terdiri dari para pekerja  ini berjumlah  sekitar 600.000  orang. Disamping memberi dukungan terhadap demo yang  dilakukan pelajar dan mahasiswa, mereka menuntut perubahan sistem pengelolaan dana pensiun yang dikelola oleh swasta karena dianggap  berbau bisnis,  sistem asuransi kesehatan yang dianggap mengabaikan kepentingan para buruh dan menghendaki menjadi anggota serikat buruh secara otomatis.

 

[caption id="" align="aligncenter" width="618" caption="(gambar dari google, el mercurio)"]

Paro de la CUT en La Granja

[/caption] Dalam demo  yang berlangsung  kamis (25/8)  seorang  remaja, manuel gutierrez (16 th), yang diduga cuma menonton demo  tewas tertembak  ditengah hiruk pikuk  para pendemo di wilayah macul. Saksi mata mengatakan tembakan itu berasal dari arah polisi yang berseragam,  sementara pihak kepolisian   mengatakan  bahwa mereka tidak menggunakan senjata dalam menghadapi demonstran. Diperkirakan  tewasnya  manuel akan menambah  gejolak yang semakin besar.  Selama demonstrasi berlangsung  korban luka di jalan sedikitnya berjumlah 1.350 orang.  Menteri tenaga kerja, matthei, mengajak para demonstran untuk duduk bersama dan mempertanyakan apa yang sebenarnya menjadi tuntutan para pekerja secara riil.

 

[caption id="" align="aligncenter" width="397" caption="terjadi pembakaran saat demonstrasi (google, el mercurio)"]

Carabineros descarta participación en muerte de joven en Macul

[/caption]

Demontrasi Pelajar dan Mahasiswa

Akan halnya dengan demo pelajar dan mahasiswa, seperti diketahui telah bergolak di chile sejak  mei,  dan puncaknya  meledak pada  bulan juni dengan melibatkan sekitar 100.000 pelajar dan mahasiswa di chile. Demo ini terbilang terbesar sejak tahun 1990. Demo diserukan oleh konfederasi pelajar chile yang terdiri dari mahasiswa semua universitas negeri chile dan  melebar mendapat dukungan  dari pelajar SMP dan SMA  yang melakukan mogok belajar dan memblokir sekolah mereka.

Pada pidatonya  21 mei, presiden piñera  menjanjikan perubahan sistem pendidikan tinggi, namun hal tersebut ditolak oleh mahasiswa dengan menyerahkan surat kepada menteri pendidikan  jaoquin lavin yang intinya menyatakan ketidakpuasan terhadap pidato presiden piñera yang dianggap tidak menyinggung  hal substansi. Menteri pendidikan mengajak pelajar dan mahasiswa untuk  menyelesaikan tuntutan mereka  di meja dialog. Dalam hal ini pemerintah mengajukan  membentuk  suatu badan yang bertugas  mengawasi seluruh perguruan tinggi agar tujuannya tidak semata-mata mencari keuntungan. Usulan inipun ditolak karena dianggap tidak menyinggung tuntutan pelajar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline