Lihat ke Halaman Asli

Dor! Mustika Ratu Membidik Pasar Chile

Diperbarui: 26 Juni 2015   15:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kenal dengan brand Mustika Ratu ?  Kalo para perempuan mungkin kenal ya, itu lho  salah satu perusahaan kosmetik dan spa terbesar di Indonesia.  Nah.. pada tengah Juni 2010 ini,  Mustika Ratu  membuktikan dirinya bukan perusahaan "jago kandang" . Seorang Sales Managernya, Bapak Diki Wachyudi mengadakan perjalanan bisnis ke Santiago, Chile. Sebelum  ke Chile  Pak Diki ke Mexico dan Brasil  dengan tujuan yang sama, yaitu  mencari peluang  pasar di negara Amerika Latin setelah sukses menembus pasar manca negara lainnya.

 

Ada 13 distributor/calon pembeli  yang bertemu  dengan Mustika Ratu  di Santiago, yang difasilitasi oleh Kantor Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Santiago, Chile. Berbagai minat yang disampaikan oleh para calon pembeli  produk Kosmetik dan Spa Mustika Ratu,  dua diantara perusahaan yaitu Cosmetica Nacional, memproduksi khusus produk kosmetik untuk make-up dengan merk “Pamela Grant”  dan  Laboratorios Prater, perusahaan yang memproduksi shampoo, deodorant, perfume dengan merek yang di Chile cukup terkenal antara lain Etienne, Eminence dan Biocel, berminat melengkapi produknya dengan produk kosmetik dan natural products berminat untuk memasarkan produk kosmetik mustika Ratu, namun menggunakan brandnya sendiri. Untuk  masalah brand ini Mustika Ratu  nampaknya tidak berminat untuk menanggapi, karena Mustika Ratu justru  selalu berupaya untuk menjadikan brandnya menjadi global brand.  Sedangkan  perusahaan Coesam misalnya, yaitu perusahaan besar  yang memproduksi  shampoo, body cream  yang hampir serupa dengan produk Mustika Ratu ini menawarkan kerjasama antara lain Mustika Ratu memasarkan produknya di Indonesia dan Coesam memasarkan produk PT. Mustika Ratu di Chile.

Selain itu ada juga  Cencosud Retail, yang merupakan rantai supermarket besar di Chile  yaitu Jumbo dan Santa Isabel  yang jumlahnya  ada sekitar 250 supermarket di Chile, salah satu rantai supermarket  terbesar di Chile, dalam  pertemuan bisnis tersebut  Cencosud mendatangkan dua orang Product Managernya untuk mengenal  produk  Mustika Ratu. Tanggapan puas disampaikan oleh  kedua manager   tersebut karena melihat kualitas dan  packing produk Mustika Ratu yang dinilai sangat bagus. Perusahaan retail  lainnya yang terkenal ditemui  adalah Pre Unic. Retailer yang menjual  shampoo, hair care, body cream, lipstick, perfume, hand body dan lain-lain ini  mempunyai 45 toko di seluruh Chile dan 25 toko diantaranya tersebar di Santiago. Perusahaan yang sudah berpengalaman membeli produk dari Indonesia dan sampai saat ini masih mengimpor glassware dari Indonesia ini  berminat untuk menjual produk  Mustika Ratu dan meminta dikirimkan contoh produk Mustika Ratu.

Perusahaan lain yang menyatakan minatnya untuk menjadi representatif Mustika Ratu di Chile adalah Omegna,  yang memproduksi natural product antara lain minyak alpokat, zaitun, dan kosmetik terbuat dari air liur keong.  Selain  itu juga  perusahaan Cosmeticos Chi Cosh  yang mengimpor produk untuk salon kecantikan  dan membeli dari Italia, Global Market  yang juga mengimpor keperluan untuk salon kecantikan dan telah berlangganan dengan China, India dan Amerika Serikat  menyatakan minat untuk memasarkan produk Mustika Ratu. Cremacol, satu Usaha Kecil menengah Chile. Ada pula  Comercio Chileno Britanica, yang  merupakan bagian dari Group perusahaan Chile yang bergerak di bidang diapers, soap, detergent, deodorant dan melalui anak perusahaannya Comercio Chileno Britanica berminat untuk menambahkan bidang usahanya dengan produk Mustika Ratu. Perusahaan ini akan mempelajari harga produk  Mustika Ratu.  Sementara itu satu perusahaan Patricia Nazal yang merupakah  distributor besar produk shampoo, sabun dan  body cream serta produk kebersihan tubuh  yang  mengimpor produk buatan Argentina dan China serta mendistribusikan produk dalam negeri dengan harga yang murah, setelah mengamati produk Mustika Ratu pemilik perusahaan mengatakan tidak mungkin mengimpor  karena alasan harga yang kurang kompetitif, namun mengakui hal itu disebabkan  mutu produk Mustika Ratu dan kemasan jauh lebih baik dari yang diimpor  dari  Argentina maupun China. Selain itu ada  pula perusahaan Wetfree De Chile, yang memproduksi  deodorant menyatakan minatnya untuk memasarkan produk Mustika Ratu. Di samping perusahaan   yang berminat ada juga lho  perusahaan   Agrigola Escargot Premium LTDA,  yang memproduksi air liur/busa keong (snail ) yang digunakan untuk bahan baku kosmetik  justru ingin menjual bahan bakunya kepada Mustika Ratu,  terbalik deh...

Di Amerika Latin, Chile memang salah satu negara konsumen kosmetik  besar.  Pada tahun 2007 Chile mengimpor produk kosmetik sebesar USD 336 juta, dan meningkat pada tahun 2009 mencapai USD 415 juta.  Negara pemasok ke Chile umumnya adalah negara tetangga seperti  Argentina, Brazil, Mexico, Colombia,  disamping AS, Perancis, Spanyol, Inggris, Jerman Italy dan China. Sedangkan posisi produk kosmetik Indonesia di Chile masih terbatas pada produk berupa  essential oils dengan nilai relatif masih kecil yaitu USD 12 ribu (periode Jan- April 2010).  Merek kosmetik dunia  banyak dijumpai ditiap mall di Santiago, begitupun  pemasarannya yang secara  Multilevel Marketing.    Menurut  Kamar Dagang dan Industri  Kosmetik setempat, citra dan penjualan produk kosmetik dan  produk kesehatan tumbuh 9,7% antara 2003 dan 2008.  Motto  " back to nature " atau  "green cosmetic"  untuk produk kosmetik juga populer di Chile, dan diharapkan dapat mendongkrak  minat pengguna kosmetik terhadap produk Mustika Ratu  yang bersifat natural.

"Semua hasil  pertemuan bisnis ini harus terus ditindaklanjuti lebih serius lagi sepulang dari Chile " , itu ucapan Manajer Mustika Ratu yang tergolong muda dan penuh semangat.

Yup, betul  Pak Manajer,  walaupun semua yang ditemui mengatakan berminat, tetap saja  hubungan bisnis harus terus dibina dan dilakukan untuk merealisasi  kata "berminat"  dapat  berakhir menjadi "kontrak bisnis yang saling menguntungkan".

Oh ya satu lagi, masyarakat Indonesia di Chile sangat berharap produk Mustika Ratu bisa eksis di Chile. " biar kalo mau beli gak usah nitip orang yang mau ke Jakarta ", begitu kata seorang Ibu yang senang kepada produk kesayangannya itu.

Nah, Mustika Ratu sudah membuktikan  diri  bukan cuma berani  jadi  " jago kandang "  atau bermain di   " pasar tradisional ",   tapi juga menembus  pasar Amerika Latin yang nun jauh disana.

Ayo siapa yang bukan jago kandang lainnya ?  ( kipas... kipas..., maklum sales kerjanya ngipas.)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline