Lihat ke Halaman Asli

Muhammad RezaKhatami

Selamat Menikmati

Peran Ekonomi Islam dalam Pemulihan Dampak Covid-19

Diperbarui: 1 April 2021   19:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pandemi Covid-19 belum berakhir, dampak yang besar tidak hanya di sektor kesehatan, tetapi juga sosial dan ekonomi masyarakat. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan ekonomi Islam berperan dalam upaya pemulihan ekonomi nasional (PEN) imbas pandemi Covid-19 karena mengandung nilai-nilai solidaritas sosial, adil, kolaborasi, serta setara untuk semua.

"Saya berharap memang lembaga pengelola zakat ini lebih intensif ke depan, karena perannya itu sangat besar di dalam rangka menghilangkan kemiskinan saat Covid-19, walaupun pasca Covid-19 nanti," tutur Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma'ruf Amin saat menerima Pengurus Forum Zakat melalui konferensi video, di kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta, Jumat (02/10/2020).

Sebentar lagi kita akan menemui bulan Ramadhan, dibulan ini kita akan menemukan beribu kebaikan. Dalam hal ini, kita bisa membesarkan infaq kita terhadap orang yang kurang mampu atau bisa ke forum yang bisa menangani infaq dan zakat di dekat tempat tinggal Anda seperti Badan Amil Zakat (BAZ) atau Lembaga Amil Zakat (MAL).

"Saya menyampaikan apresiasi keikutsertaan Forum Zakat juga untuk menanggulangi dampak Covid-19 yang memang dampaknya itu tidak hanya dari segi kesehatan, tapi juga masalah sosial dan juga ekonomi," pungkas Wapres.

Sebelumnya, Ketua Umum Forum Zakat Bambang Suherman melaporkan hasil partisipasi lembaga-lembaga pengelola zakat dalam penanganan dampak pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah sampai hari ini, Forum Zakat membawa isu tentang kolaborasi kuat dan menggabungkan sekitar 93 organisasi pengelola zakat dalam ikut berpartisipasi menangani Covid-19 ini. Kami bekerja di 34 Provinsi, membagi pekerjaan menjadi tiga klaster besar, yaitu klaster kebutuhan pokok, terutama mengurangi beban resesi akibat terjadinya Covid-19 ini di masyarakat, kemudian klaster pencegahan dan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk ikut mendukung tenaga-tenaga kesehatan kita di rumah sakit dan juga klaster penanganan Orang dalam Pemantauan (ODP), Pasien dalam Pengawasan (PDP) dan masyarakat, pemulasaran jenazah," lapor Bambang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline