Lihat ke Halaman Asli

Reza Andriana

a student of Communication Science at Diponegoro University

Penjualan UMKM Menurun, Mahasiswa KKN Undip Beri Strategi Pemasaran Online sebagai Solusi

Diperbarui: 29 Juli 2021   22:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Video Edukasi yang Diunggah (Youtube KKN TIM 1 UNDIP 2021)

(Semarang, 27/07/21) – Dalam rangka menjalankan kegiatan Kuliah Kerja Nyata, Mahasiswa KKN TIM II Undip, Reza Andriana (20), memberikan edukasi kepada warga RW 03 Kelurahan Bendan Ngisor mengenai “Bagaimana Strategi Pemasaran Online untuk UMKM di Masa Pandemi Covid-19” pada hari Selasa (27/07) lalu melalui platform digital YouTube.  

Pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai memberi dampak yang sangat luar biasa pada seluruh lapisan rakyat Indonesia, khususnya pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dimiliki oleh masyarakat.

Menurut hasil survey yang dilaporkan oleh Asian Development Bank (ADB) pada pertengahan tahun 2020 lalu, terdapat 48,6% dari total 60 juta UMKM di Indonesia yang terpaksa harus gulung tikar untuk sementara waktu dikarenakan adanya pandemi Covid-19.

Berbagai inovasi harus terus dipikirkan oleh para pelaku UMKM dalam rangka mengembalikan serta meningkatkan usahanya. Kegiatan pemasaran menjadi satu solusi utama bagi para pelaku UMKM untuk dapat mempertahankan bisnisnya di masa ini.

Pemberian edukasi melalui video yang diberikan oleh Reza (20) ini terlihat mendapatkan tanggapan positif dari para viewers. Berbagai komentar dan likes didapatkan setelah pengunggahan video edukasi ini. Tak hanya itu, program kerja KKN ini mendapatkan respon positif dari Ketua RW 03, Kelurahan Bendan Ngisor.

Terima kasih mba Reza ...semoga bisa memberi manfaat dan meningkatkan UMKM di wilayah RW 03.”, ujar Ketua RW 03.

Strategi pemasaran secara online ini memang menjadi salah satu jalan keluar yang dapat dilakukan untuk terus dapat meningkatkan usaha warga. Tidak bisa dipungkiri, kemudahan dan kecepatan teknologi membuat masyarakat dapat menyebarkan informasi produk atau usaha mereka kepada khalayak luas hanya dengan kedipan mata. Ditambah lagi, kegiatan secara online merupakan hal yang paling memungkinkan untuk dilakukan di keadaan yang seperti ini.

Pelaksanaan dari kegiatan pemberian edukasi mengenai strategi pemasaran online untuk UMKM ini diharapkan dapat memberikan perubahan positif bagi usaha warga. Selain itu, diharapkan pula dapat meningkatkan produktivitas dan nilai ekonomis masyarakat, khususnya untuk warga RW 03, Kelurahan Bendan Ngisor.

Link video edukasi: https://www.youtube.com/watch?v=HglVa6osD_U

Penulis: Reza Andriana Dewanti

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline