Pandemi Covid-19 yang semakin menyebar di Indonesia, beberapa kebijakan yang ditetapkan oleh Pemerintah di Indonesia memberikan dampak pada beberapa sektor di Indonesia, salah satunya yaitu pada sektor ekonomi. Hal ini tidak terlepas dari adanya Covid-19 yang berdampak pada sektor perdagangan, usaha lokal IRT (Ibu Rumah Tangga), Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).
Di sisi lain, ekonomi merupakan salah satu faktor penting dalam kehidupan, sebagaimana diketahui bahwa seseorang akan bersinggungan secara langsung dengan kebutuhan ekonomi dalam menjalankan kehidupan. Di tengah susahnya mencari pekerjaan, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dan rentannya penularan virus covid-19 ini membuat pekerja tertentu tidak bisa bekerja dan tidak mendapatkan tunjangan apapun.
Penyebaran Covid-19 yang begitu cepat sehingga mengakibatkan Pemerintah memberlakukan sistem jaga jarak sosial yang disebut PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).
Lalu kebijakan pemerintah yang terbaru pada saat ini adalah PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat dan akan diberlakukan dari tanggal 3 - 20 Juli 2021. Namun kebijakan di ubah kembali oleh bapak Presiden Joko Widodo, dimana PPKM darurat ini akan diberlakukan sampai 02 Agustus 2021.
Melalui KKN Tematik yang saat ini dilakukan oleh Universitas Pendidikan Indonesia dengan tema "Membangun Desa Melalui Bidang Ekonomi" bertujuan untuk menanggulangi dampak yang ditimbulkan Covid-19.
Dengan KKN Tematik saya Reza Ahmad Ferdiansyah membantu memberikan pendampingan dan penguatan melalui pemasaran berbasi digital pada UMKM di daerah sekitar dengan selalu menerapkan protokol kesehatan.
Kegiatan KKN yang dilakukan meliputi pemberian keterampilan baru terhadap masyarakat yang terdampak PHK pada masa pandemi covid-19 ini dan pemberian motivasi bisnis, pendampingan dan membantu dalam bidang pemasaran digital kepada UMK terkait. UMKM yang bergerak dan mengandalkan offline store sangat terdampak pandemi karena penjualan yang kurang.
Digital Marketing menjadi alternative lain agar bisnis tetap berjalan, memelihara sosial media dengan konten yang menarik sehingga konsumen memutuskan untuk membeli produk tersebut. Pemasaran berbasis digital membantu suatu bisnis menjangkau lebih banyak audiens daripada melalui metode konvensional. Selain dapat menjangkau lebih banyak audiens, Pemasaran berbasis digital juga lebih hemat biaya dan terukur.
Pemasaran berbasis digital merupakan seluruh aktivitas pemasaran secara digital menggunakan media elektronik dan internet. Saat ini, Indonesia sedang memasuki era digital yang mengharuskan pebisnis untuk memahami perkembangan dan penerapan teknologi baru.
Beberapa bisnis di Indonesia saat ini sudah mulai memanfaatkan Pemasaran Berbasis Digital karena dinilai efektif dalam memasarkan produk atau jasa secara online. Salah satunya melalui media sosial sebagai langkah awal untuk membangun brand awareness.