Lihat ke Halaman Asli

Reza Hermawanyadi

Penggiat teknologi yang gemar bersepeda

9 Manfaat Manajemen Logistik bagi Perusahaan

Diperbarui: 19 Mei 2017   17:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Manajemen logistik adalah penerapan prinsip manajemen dalam pengoperasian logistik supaya barang dan personil bergerak secara efisien dan menghemat biaya. emang, membicarakan logistik tidak akan pernah jauh dari persediaan karena keduanya saling berkaitan erat.

Logistik dapat diartikan dengan pengadaan maka berhubungan juga dengan manajemen persediaan. Manajemen persediaan ini adalah aktivitas yang bertujuan untuk menjaga jumlah persediaan.

Untuk menjaga jumlah persediaan, manajemen logistik hadir sebagai pendukung. Pelaksanaan manajemen logistik ini memberikan banyak manfaat bagi perusahan dalam sembilan bidang yang berbeda. Apa sajakah? Berikut ini ulasannya.

  1. Persediaan
    Manajemen logistik akan menjaga persediaan barang tetap terjaga. Dengan begitu, kebutuhan perusahaan akan terus terpenuhi sehingga dapat beroperasi dengan lancar.

  2. Transportasi
    Fungsi dari manajemen logistik dalam bidang ini adalah sebagai penyalur barang. Oleh karena itulah, perusahaan harus memiliki layanan transportasi sendiri untuk membantu mobilitas perusahaan.

  3. Fasilitas
    Tidak hanya transportasi saja, fasilitas yang memadai juga menjadi faktor yang mendukung perusahaan berjalan secara optimal. Dengan adanya manajemen logistik maka perusahaan akan memiliki fasilitas yang mensupport.
  4. Layanan
    Costumer Service dan berbagai hal yang mencakup pelayanan terhadap customer termasuk ke dalam manajemen logistik.

  5. Manajemen dan Administrasi
    Dengan menerapkan manajemen logistik maka bagian administrasi serta manajemen akan sangat terbantu. Selain karena persediaan tertata dengan rapi, pelayanan serta pencatatan informasi juga semakin teratur.

  6. Inbound Transportasi
    Inbound transportasi berkaitan dengan pergerakan barang serta bahan baku dari pemasok ke perusahaan. Dengan adanya manajemen logistik maka perusahaan akan mendapatkan pemasok terbaik yang sesuai dengan ekspektasi.  

  7. Outbound Transportasi
    Saat inbound bergerak ke perusahaan maka outbond transportasi akan bergerak ke customer. Hal ini berarti adanya penyaluran barang dari perusahaan ke setiap pelanggan. Apabila manajemen logistik diterapkan maka pelayanan dan pengiriman akan terjamin dengan baik sehingga kepercayaan pelanggan akan tetap terjaga serta lancarnya transaksi yang dilakukan.

  8. Memecahkan masalah
    Dengan memanfaatkan manajemen logistik maka perusahaan akan menghadapi berbagai permasalahan yang tidak biasa dihadapi, seperti keinginan customer yang sulit untuk dipenuhi.

  9. Pemberian informasi pelanggan
    Pelanggan berhak mengetahui setiap rincian tentang pengiriman yang akan dilakukan. Dalam manajemen logistik sudah tersedia informasi yang diberikan perusahaan kepada customer terkait pengiriman. Hal ini tentunya akan membat perusahaan terhindar dari permasalahan pengiriman yang dilakukan.

Itulah beberapa manfaat manajemen logistik bagi perusahaan. Jadi, Anda sudah tahu bahwa manajemen logistik ini adalah pilar penting yang tidak boleh ditinggalkan oleh perusahaan. Apabila Anda tertarik untuk menerapkan manajemen logistik pada perusahaan maka Anda bisa mengandalkan perusahaan yang bergerak di bidang logistik, seperti Linc Logistics.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline