Lihat ke Halaman Asli

Reza Hermawanyadi

Penggiat teknologi yang gemar bersepeda

Perusahaan Manufaktur dan Perakitan yang Saling Membutuhkan

Diperbarui: 11 November 2016   12:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar: Beritasatu

Jika Anda berkecimpung di dunia manufaktur pasti Anda paham mengenai jasa perakitan. Manufaktur sendiri memiliki arti yang berbeda dengan produksi, produksi memiliki arti yang lebih luas yaitu proses pengolahan bahan baku menjadi suatu produk yang bisa berwujud gas, cair atau padat. Sementara Manufaktur adalah proses pengolahan bahan baku menjadi suatu produk dalam bentuk padat.

Dalam hal operasi manufaktur bisa dibagi menjadi 2 bagian lagi

  • Operasi Pemrosesan

Yaitu merubah bahan baku dari bentuk awal ke bentuk lainnya hingga mendekati bentuk akhir yang diinginkan sehingga memiliki nilai tambah.

  • Operasi Perakitan

Merakit atau menyatukan dua komponen atau lebih hingga menjadi bentuk akhir yang diinginkan sehingga memiliki nilai tambah pada barang.

Beberapa perusahaan manufaktur ada yang tidak memiliki kemampuan untuk menjalankan operasi perakitan. Apa solusinya? Biasanya perusahaan tersebut menyerahkannya kepada pihak ke-3 untuk menyelesaikannya. Salah satu perusahaan yang menyediakan jasa di bidang perakitan di Indonesia adalah Linc Group, yang terbukti mampu untuk memberikan efisiensi pada rantai pasokan, dikarenakan pengalokasian kemasan barang secara tepat, terprogram, dan lebih cepat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline