Lihat ke Halaman Asli

Aplikasi untuk Kebutuhan Desain Grafis

Diperbarui: 15 Maret 2022   17:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri, tangkapan layar

Di era industri 4.0, Desain grafis berperan penting dalam berbagai bidang dan membantu banyak sekali pekerjaan. Apalagi di zaman yang serba modern, banyak sekali aplikasi - aplikasi yang dikembangkan sehingga lebih mudah dalam pengoperasianya. lalu apa saja sih yang Aplikasi untuk kebutuhan desain grafis ? berikut daftar aplikasi yang sering digunakan para profesional desain grafis untuk menyelesaikan pekerjaannya :


1. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah aplikasi buatan Adobe Systems yang diperuntukan untuk mengedit foto/gambar dan pembuatan efek, biasanya para fotografer memiliki keterampilan pada aplikasi ini, karena aplikasi ini dapat membantu dalam proses pengeditan dan pengaturan warna serta banyak sekali tools dan efek-efek yang terdapat dan dibuat di aplikasi adobe Photoshop.


2. Corel Draw

Dokpri, tangkapan layar

CorelDraw adalah editor grafik vektor yang dikembangkan oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terbarunya, CorelDRAW Graphic Suit 2021 dirilis pada tanggal Maret 2021. Corel Draw memiliki beberapa kelebihan, salah satunya  fitur dari CorelDRAW adalah LiveSketch™ tool. Fitur ini memungkinkan para desainer untuk menggambar ilustrasi atau sketsa secara langsung tanpa harus melakukan tracing secara manual ataupun melalui scan kertas. Dengan berbasiskan teknologi kecerdasan buatan seperti Artificial Intelligence dan Machine Learning, secara otomatis akan mengkonversi gambar sketsa yang dibuat menjadi vector curve. 

3. Blender 3d

Dokpri, tangkapan layar

Selain Desain Grafis berbasis gambar dan vektor, ada juga desain grafis berbasis 3d, Blender merupakan Aplikasi 3d Modeling yang cukup banyak digunakan para profesional, banyak film animasi yang dibuat menggunakan aplikasi ini, Blender merupakan software open source dan gratis, maka siapa saja dapat menggunakan aplikasi ini tanpa melanggar hukum. Aplikasi ini memiliki cukup banyak fitur seperti modeling, animating, simulating, rigging, rendering, motion tracking hingga composing.  jika kamu memiliki rencana untuk membuat film animasi atau video game aplikasi ini dapat membantu menyelesaikan pekerjaan anda.

4. Adobe After Effect

Dokpri, tangkapan layar

Satu lagi dari Produk Adobe, yaitu Adobe After Effect yang masih menjadi aplikasi terpenting dan terpopuler bagi mereka yang bergerak di bidang motion graphic. aplikasi ini dinilai memiliki fitur yang sangat lengkap. Adobe After Effect juga dinilai mudah digunakan oleh mereka yang masih pemula.aplikasi ini digunakan untuk menganimasikan dan menggabungkan desain grafis. After Effect biasanya digunakan setelah kamu mengembangkan storyboard dari motion yang mau dibuat di Adobe Photoshop atau Adobe Ilustrator. Desain grafis itu kemudian dianimasikan di After Effect.

 

Berikut Aplikasi kebutuhan Desain Grafis mulai dari aplikasi berbasis gambar, vektor, 3d dan aplikasi motion grafis.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline