Lihat ke Halaman Asli

Reykhan HadiSunarto

MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Survei Motorik Kasar Siswa Kelas X SMA Islam Kepanjen

Diperbarui: 20 Juni 2024   23:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

SURVEI MOTPRIK KASAR SISWA KELAS X SMA ISLAM KEPANJEN

1*Yuan Firmansyah, 2 Eko Hariyanto, 3 Reykhan Hadi Sunarto.

Universitas Negri Malang

*e-mail : Syahyuan079@gmail.com

Abstrak : Pendidikan jasmani di SMA Islam Kepanjen memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan motorik siswa. Motorik kasar adalah kemampuan dasar yang diperlukan dalam berbagai aktivitas sehari-hari dan olahraga. Mengidentifikasi tingkat kemampuan motorik kasar siswa kelas X SMA Islam Kepanjen dan mengetahui perbedaan antara siswa yang berbeda. Penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMA Islam Kepanjen yang terpilih secara random. Alat penelitian adalah tes motorik kasar yang terdiri dari 6 butir tes dan 24 kategori yang harus dinilai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan motorik kasar siswa kelas X SMA Islam Kepanjen berbeda-beda. Berdasarkan hasil tes, siswa kelas X SMA Islam Kepanjen dapat dikategorikan menjadi lima kategori, yaitu: Baik Sekali, Baik, Sedang, Kurang, dan Kurang Sekali. Penelitian ini menunjukkan bahwa survei motorik kasar pada siswa kelas X SMA Islam Kepanjen dapat membantu meningkatkan kemampuan motorik siswa dan perbedaan antara siswa yang berbeda. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan jasmani di SMA Islam Kepanjen.

Kata Kunci: Motorik Kasar ,Tes Motorik Kasar ,Kemampuan Motorik Perbedaan Kemampuan.

 

Abstract : "Physical education in SMA Islam Kepanjen plays a significant role in enhancing the physical ability of students. Gross motor skills are basic abilities required in various daily activities and sports. Identifying the level of gross motor skills of SMA Islam Kepanjen students and understanding the differences between students. This study uses a descriptive quantitative method. The sample of this study is SMA Islam Kepanjen students who were randomly selected. The research instrument is a gross motor skills test consisting of 6 items and 24 categories that must be evaluated. The results of the study show that the level of gross motor skills of SMA Islam Kepanjen students varies. Based on the test results, SMA Islam Kepanjen students can be categorized into five categories, namely: Very Good, Good, Average, Poor, and Very Poor. This study shows that the survey of gross motor skills in SMA Islam Kepanjen students can help enhance their physical ability and differences between students. The results of this study can be used as a reference to improve the quality of physical education in SMA Islam Kepanjen."

 

Keywords: Gross Motor Skills, Gross Motor Skills Test, Motor Skills, Differences in

PENDAHULUAN

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline