Lihat ke Halaman Asli

Reyvan Maulid

Writing is my passion

Strategi Digital Marketing UMKM dengan Metode SOSTAC

Diperbarui: 22 Mei 2022   12:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Bisnis Photo by Freepik

Pandemi COVID-19 telah merubah banyak sekali ragam kehidupan. 

Apalagi krisis ekonomi yang menghantam sektor UMKM di Indonesia. Kita tahu sendiri bahwa UMKM saat ini menjadi penyangga dalam penyumbang PDB terbesar bagi ekonomi Indonesia sekaligus sebagai andalan dalam penyerapan tenaga kerja. UMKM berperan dalam perlakuan distribusi barang jadi dan setengah jadi. 

Asosiasi Business Development Services Indonesia pada tahun 2020 melakukan sebuah survei terkait dampak pandemi Covid-19 terhadap keberlangsungan UMKM. 

Dari hasil survey tersebut sebanyak 60% UMKM mengalami permasalahan dalam ketersediaan bahan baku dan tunggakan cicilan. 36,7% responden UMKM tidak memperoleh penjualan sama sekali dan sisanya 26% responden UMKM mengalami penurunan penjualan.

Akibat dampak pandemi yang ditimbulkan dan dirasakan dari sisi pelaku UMKM, maka perlu dirumuskan sebuah implementasi strategi pemasaran bagi pelaku UMKM pada masa pasca pandemi dan era kenormalan baru. Yang mana di era kenormalan baru, para pelaku usaha dituntut untuk beradaptasi dan melakukan transformasi khususnya pemasaran melalui digital. 

Pelaku usaha diharapkan dapat membuat sebuah strategi dan merubah model bisnis untuk bisa bertahan di situasi pandemi yang tidak tahu kapan berakhirnya. 

Beberapa strategi yang dapat diterapkan UMKM dalam menghadapi pandemi COVID-19 antara lain melakukan penjualan langsung melalui e-commerce atau marketplace, melakukan pemasaran secara digital dan bertranformasi secara digital (dalam hal ini pemasaran dialihkan ke digital marketing bukan direct marketing), memperbaiki kualitas produk dan menambah nilai produk dan layanan serta menjalin hubungan baik dengan pelanggan. 

Dengan beberapa strategi tersebut diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan UMKM dapat bertahan di tengah prahara pandemi yang masih berlangsung.

Kendala UMKM dalam Pemasaran Digital

Banyak dari beberapa penelitian menganjurkan untuk melakukan pengalihan dari pemasaran secara langsung atau direct marketing ke digital marketing atau pemasaran secara digital. Tetapi dalam penerapannya ternyata para pelaku usaha belum sepenuhnya melakukan strategi ini.

Proses digitalisasi UMKM dari segi pemasaran digital masih dihadapi berbagai permasalahan di tingkat dasar. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline