Lihat ke Halaman Asli

Virtual Reality Sebagai Alat Visualisasi dalam Praktik Perkuliahan Teknologi informasi Semester 3 dengan Memanfaatkan Karton Bekas

Diperbarui: 17 Desember 2024   11:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembuatan Virtual Reality (VR) di pandu langsung oleh Dr. Sandy Ariawan

Penggunaan multimedia komputer dalam dunia edukasi terus mengalami perubahan dan berkembang sehingga munculnya sebuah perangkat ajar berbasis komputer yang biasa dikenal dnegan CAI (Computer Assisted Instruction) yang memiliki kaitan dengan multimedia Virtual Reality, dimana teknologi Virtual Reality adalah sebuah teknologi yang menghadirkan tampilan visual yang dibuat
sedemikian rupa tampak seperti keadaan di dunia nyata. Secara khusus, realitas virtual tidak, secara apriori, berupaya menciptakan ilusi dunia nyata (meskipun beberapa aplikasi memang berupaya
melakukannya). Virtual Reality biasanya menyajikan pengalaman berupa visual yang akan diperlihatkan pada layar
monitor komputer atau dapat melalui media penampil stereokopik misalnya kacamata Google Cardboard. Kacamata Cardboard sendiri memiliki fungsi yang
dapat menyajikan konsep visualisasi 3D. dimana pemakai akan dibuat seakan-akan sedang menjelajah serta melihat sesuatu lingkungan yang tampak seperti dunia nyata dan dapat berputar 360 derajat.
Virtual Reality adalah sebuah teknologi yang menggunakan komputer atau teknologi elektronik lainnya untuk menhasilkan sebuah output berupa suasana realistis 3 dimensi sehingga pemakai bisa merasakan melalui pendengaran, penglihatan, maupun sentuhan yang nantinya kana membentuk sebuah dunia virtual. Virtual Reality merupakan sebuah teknologi interface antara mesin dengan manusia yang
bisa secara nyata mensimulasikan orang-orang yang seakan-akan berada di lingkungan nyata lengkap dengan pendengaran, penglihatan, gerakan dan aksi lain. Dengan adanya Virtual Reality pemakai tidak hanya dapat melihat lingkungan virtual dengan jelas, tetapi jug amemungkinkan pengguna untuk
mengamati lingkungan virtual dan merasakan seperti berada di tempat tersebut.

Tarutung, 2 Desember 2024 – kami semester 3 prodi Pendidikan Agama Kristen melakukan pembuatan  Virtual Reality Sebagai Alat Visualisasi dalam Praktik Perkuliahan Teknologi informasi Semester 3 . 

Kegiatan ini dipandu langsung oleh dosen pendamping, Dr. Sandy Ariawan, S.M.G., S.Pd.K., M.A., M.Pd.K., yang turut serta mendampingi mahasiswa dalam setiap prosesnya. Dengan menggunakan virtual Reality dalam praktik pembelajaran Teknologi informasi praktik pembelajaran inovatif berbasis teknologi, kegiatan ini berhasil menarik simpatik mahasiswa dan menjadi langkah baru dalam menyampaikan informasi lewat teknologi menggunakan virtual Reality .

Kinerja media VR yang baik akan mendukung penggunaan media tersebut oleh pengajar.

Penggunaan media VR dalam pembelajaran akan bertambah positif (+) jika nilai guna (kegunaan)

media telah komprehensif, senada dengan hal tersebut untuk dukungan dari instansi (faktor organisasi)

adalah positif, dan karakteristik pengguna dalam hal ini tingkat adobsi teknologi VR, style mengajar

juga positif (mendukung) serta aspek motivasi instrinsik (daya tarik terhadap teknologi VR) ada maka

intensi penggunaan media VR dalam pembelajaran akan bertambah (+) tinggi (Sunarni & Budiarto,

2014).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline