Lihat ke Halaman Asli

Reynal Prasetya

TERVERIFIKASI

Broadcaster yang hobi menulis.

Terjawab Sudah, Messi "The Real Virtuoso" dan Ronaldo "The Great Influencer"

Diperbarui: 22 Desember 2022   19:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: kompas.com

Ilustrasi Messi Vs Ronaldo

Sejak lebih dari satu dekade yang lalu persaingan antara Lionel Messi Vs Christiano Ronaldo sudah menjadi tontonan menarik dalam dunia sepak bola. Namun pada akhirnya kita harus menyadari bahwa keduanya mempunyai keistimewaan yang berbeda.

Membandingkan seorang Lionel Messi dan Christiano Ronaldo dalam hal sepak bola memang tak akan pernah ada habisnya. Meski sekarang pada akhirnya terbukti bahwa Messi ternyata jauh lebih mampu membawa negaranya menjuarai piala dunia, tapi masih banyak diluar sana penggemar Ronaldo yang masih setia dan percaya bahwa idolanya itu jauh lebih hebat daripada bintang sepakbola asal argentina itu.

Selama lebih dari satu dekade kita sudah menyaksikan sendiri bagaimana kedua bintang sepakbola itu berlaga dan saling bersaing satu sama lain. Ada puluhan trophy dan gelar yang sudah didapatkan keduanya, itu membuktikan persaingan mereka memang terlihat begitu ketat.

Tak terkecuali diantara para pendukung kedua pesepakbola itu. Penggemar Ronaldo seringkali menyerang, menjatuhkan bahkan menjelek-jelekan Messi, begitu pun dengan penggemar Messi yang tak mau kalah menyerang dan menjatuhkan nama Ronaldo.

Dunia sepakbola seperti terpolarisasi kedalam dua kubu. Ada kubu Ronaldo dan ada kubu Messi. Puncaknya polarisasi itu semakin meruncing pada saat gelaran piala dunia tahun ini. Mereka penggemar Club Real Madrid dan MU sudah pasti mendukung dan menjagokan Portugal, sementara mereka penggemar Barcelona dan PSG sudah pasti mendukung dan menjagokan Argentina.

Hingga pada akhirnya penggemar Ronaldo memang harus mengakui dan menerima kenyataan bahwa Messi ternyata terbukti jauh lebih unggul dan mampu membawa negaranya menjadi juara piala dunia ketimbang sosok pesepakbola yang diidolakannya itu yang hanya mampu membawa negaranya menembus perempat final.

Bagaimana pun kita menyadari Messi dan Ronaldo memang dua sosok yang berbeda. Mereka punya cara dan gaya yang berbeda dalam bermain sepakbola, mereka juga mungkin memiliki metode latihan yang berbeda sehingga memiliki ciri khas masing-masing ketika kita menyaksikan mereka berlaga di rumput hijau.

Namun pada akhirnya kita harus mengakhiri perdebatan soal siapa yang paling hebat diantara mereka berdua. Tentu semua orang sudah tahu siapa yang lebih hebat, dunia juga sudah tahu siapa yang lebih hebat. Keluarnya Argentina sebagai juara dengan kontribusi besar Messi membuktikan bahwa Messi memang jauh lebih unggul daripada Ronaldo.

Meski penulis merupakan fans setia Real Madrid, tapi mau tidak mau secara objektif penulis harus menerima fakta dan mengakui bahwa Messi memang lebih jago soal sepakbola daripada Ronaldo. Itu tidak bisa dibantah lagi. Tapi soal siapa yang lebih berpengaruh dan menginspirasi?Jelas penulis mempunyai pendapat lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline