Lihat ke Halaman Asli

Reynal Prasetya

TERVERIFIKASI

Broadcaster yang hobi menulis.

Tukang Ikan dan Psikologi Penjualan

Diperbarui: 1 Juli 2022   04:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pasar Ikan Jenderal Urip, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (31/10/2019).(KOMPAS.COM/DEAN PAHREVI)

Menurut Anda, apa kira-kira faktor penting yang menentukan suksesnya penjualan? Apa yang menjadikan orang lain tertarik membeli produk atau jasa Anda? Sebagai penjual, apa yang biasanya kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan?

Sebagai seorang pebinsis, marketing, sales, pedagang atau yang bergelut di bidang UMKM, pertanyaan tersebut seharusnya menjadi kerangka berpikir paling dasar agar dapat menyukseskan usaha Anda.

Karena dengan strategi yang tepat tentu saja usaha Anda akan menghasilkan sesuatu yang jauh lebih besar dan omset yang meningkat daripada biasanya.

Saya bukan seorang pebisnis, marketing, sales atau pun praktisi penjualan. Namun ketika saya ditanya apa faktor penting yang menentukan suskesnya penjualan, maka dengan sederhana saya akan menjawab, "bangunlah hubungan yang baik dan akrab dengan calon costumer atau client Anda."

Tahukah Anda dari mana saya menemukan trik dan rahasia ini? Bukan kawan, bukan dari top marketing, buku, seminar, sekolah atau pun dari jalur akademis. 

Anda boleh percaya atau tidak, saya menemukan trik dan rahasia ini dari seorang penjual ikan yang biasanya berkeliling jualan melewati rumah saya.

Menarik, bukan? Karena berdasarkan pengamatan saya, si penjual ikan ini terbilang sukses. Untuk kampung saya sendiri saja dia sudah punya beberapa pelanggan tetap. Kehadirannya selalu ditunggu-tunggu oleh para emak-emak langganannya.

Pada saat dia sedang tidak berkeliling ke kampung saya, sontak beberapa pelanggannya mencari-cari dan berharap si tukang ikan ini lewat rumahnya. Hal itu yang sering kali tetangga saya lakukan ketika beberapa hari si tukang ikan tersebut tidak berjualan.

Lalu apa sebenarnya yang ia lakukan sehingga ia memiliki begitu banyak pelanggan? 

Sangat sederhana sekali. Ia tidak pernah mengatakan bahwa ikan atau produk yang ia jual paling enak atau paling berkualitas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline