Lihat ke Halaman Asli

Reynal Prasetya

TERVERIFIKASI

Broadcaster yang hobi menulis.

5 Jenis Kalimat yang "Haram" Diucapkan Saat PDKT

Diperbarui: 20 Oktober 2020   17:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi PDKT (Sumber: bangka.tribunnews.com)

Kalau kemarin kita berbincang soal kencan online, nah sekarang kita akan kembali berbincang soal PDKT nih sobat. Kenapa perihal PDKT juga penting? Ya, gimana mau kencan kalau PDKT-nya saja tidak lancar?

Mana mungkin seseorang mau kamu ajak kencan kalau kamu tidak mendekati dan mengenalinya terlebih dahulu?

PDKT adalah fase pra-relationship. Adalah fase awal yang menentukan apakah nanti ketika kamu sudah berada dalam hubungan akan mempunyai kualitas hubungan yang sehat atau tidak? PDKT adalah sebuah fase awal yang akan menentukan hubungan kamu selanjutnya.

Banyak orang berpikir PDKT itu ya mengalir saja, tidak perlu ribet-ribet mempelajari ini itu, mempersiapkan ini itu, karena mayoritas orang mempunyai pemikiran, "Cinta itu akan mengalir dengan sendirinya"[1], "Cinta itu adalah urusan hati bukan otak."[2].

Namun sayang keadaan dan dinamika sosial kini semakin berubah. Peradaban manusia yang berkembang semakin modern membuat model pertemuan dan ketertarikan antar dua orang manusia juga berubah.

Tidak seperti kisah cinta kakek nenek kita zaman dahulu yang bertemu dengan sangat sederhana. Tidak ada intrik, tidak ada drama. Mereka menjalin cinta mengalir sebagai mana mestinya. Tidak ada PDKT, tidak ada kencan-kencan yang mewah, tidak ada sakit hati, tidak ada move on. Karena budaya populer memang belum terjadi pada saat itu.

Namun sekarang sudah tahun 2020. Budaya populer sudah sangat mempengaruhi pemikiran dua insan manusia dalam memandang cinta. Cinta sudah tidak lagi murni seperti dahulu lagi. Kini tercemar oleh lagu-lagu dan film-film yang justru mengajarkan prinsip-prinsip yang salah dalam memandang hubungan relasi cinta.

Banyak orang yang belum sadar, banyak orang yang belum bangun dan akhirnya masih menggunakan cara-cara kuno dalam menjalin sebuah hubungan. Padahal peradaban dan dinamika sosial sudah berubah secara besar-besaran.

Terlalu panjang memang untuk menguraikan fenomena itu. Mari kita persingkat uraian kali ini sesuai dengan judul, apa saja kalimat-kalimat yang "haram" diucapkan ketika sedang PDKT.

Buat yang belum tahu dan baru mendengar istilah PDKT, PDKT itu adalah akronim dari pendekatan. Sederhananya adalah kegiatan mendekati atau mengenali seseorang, bukan hanya mengenali identitas dirinya saja. Namun mencakup seluruh kepribadiannya.

Namun saya lebih nyaman menyebut PDKT dengan istilah pergaulan. Ya, pergaulan. PDKT sebenarnya tidak lain hanyalah sebatas interaksi sosial. Maka dari itu kita harus membangun interaksi yang menyenangkan agar proses PDKT bisa berjalan dengan lancar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline