Lihat ke Halaman Asli

Reynal Prasetya

TERVERIFIKASI

Broadcaster yang hobi menulis.

Dalam Hal Ngeblog, Kita Punya Warna Suara yang Berbeda

Diperbarui: 9 Oktober 2020   12:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi ngeblog (Sumber: Fiverr.com)

Menurut Anda apa perbedaan antara blogger dan writer? Mengapa mereka mempunyai titel yang berbeda, padahal mereka sama-sama menekuni dunia tulis menulis?

Walau menekuni dunia tulis menulis, antara blogger dan writer ini memang tidak bisa disamakan. Artinya, cara seorang writer dan blogger ketika sedang menulis itu memang berbeda. Baik dari segi bahasa maupun style menulis mereka.

Sama halnya dengan MC dan penyiar radio. Mereka juga sama-sama menekuni dunia public speaking, tapi cara mereka membawakan acara tentu berbeda. Karena mereka punya aturan, tata cara, style dan gaya masing-masing. 

Lalu di mana saja sih letak perbedaan antara writer dan blogger?

Berdasarkan definisi saya, writer (penulis) adalah mereka yang memang mengkhususkan diri untuk mendalami ilmu tulis menulis, menulis mereka jadikan sebagai profesi. Sehingga mereka begitu memperhatikan tata bahasa dan gramatikal. Kecacatan bahasa dalam hal menulis betul-betul mereka hindari. 

Menurut seorang penulis, menulis itu ya harus sesuai dengan kaidah-kaidah menulis. Semua harus sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karena hasil tulisan selalu ditentukan dari perihal teknis menulis ini.

Misalnya menulis cerpen, puisi atau novel, tentu tidak sembarangan, ada ilmu dan tata caranya, lalu bagaimana menentukan alur cerita, tokoh dan lain sebagainya menjadi isu yang paling diperhitungkan bagi seorang penulis. 

Penulis adalah mereka yang kebanyakan sudah profesional dalam bidang menulis. Sehingga menulis memang menjadi profesi yang bisa menghidupi mereka. Dengan kemampuan menulis yang baik, tidak sedikit penerbit yang akhirnya mau bekerjasama dengan mereka.

Mirip seorang gitaris, penulis ini memang sudah mempunyai teknik-teknik menulis yang mempuni. Jadi bukan cuma bisa pegang gitar saja, tapi sudah bisa menciptakan melodi-melodi yang indah. Bukan cuma teknik strumming, tapi mereka juga bisa memainkan arpegio, legato, sweep picking, bahkan tapping.

Sedangkan seorang blogger (pengelola web pribadi) adalah mereka yang biasanya gemar menulis hal-hal yang bersifat personal. Bisa tenang pengalaman hidup, opini, atau cerita tentang keseharian mereka. Ya mirip jurnal pribadi lah. 

Sehingga tak heran mereka biasanya lebih bebas dalam berekspresi. Mereka mengekspresikan diri mereka melalui menulis. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline