Lihat ke Halaman Asli

Reynaldi Ghosiyi Hadi

Store Leader (PIC) Vyatta Indonesia [September dan 2023] – [Desember dan 2024]

Perbedaan komunikasi formal dan informal

Diperbarui: 5 Januari 2025   20:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seni. Sumber ilustrasi: Unsplash

Ngobrol di Kantor: Formal vs. Santai

 

Bayangkan kamu lagi ngobrol sama teman di warteg. Nah, kalau ngobrol di kantor, ada aturannya lho! Ada dua gaya ngobrol di kantor: formal dan santai.

 

Ngobrol Formal: Serius dan Beraturan

 

Formal itu kayak lagi ngobrol sama guru, pakai bahasa yang sopan dan rapi. Ngobrol formal biasanya ada aturannya, misalnya pakai surat resmi, email kantor, atau rapat resmi.

 

Contohnya:

 

- Surat resmi: Ngasih tahu kalau kamu mau cuti kerja.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline