Lihat ke Halaman Asli

Reynaldi Anju

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Kelompok 8 KKN UPI dan SDN Kancah Optimis Membawa Piala di Ajang LBMKS Se-Kabupaten Bandung Barat

Diperbarui: 22 Februari 2023   18:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bandung Barat - Dalam rangka mempersiapkan LBMKS Kabupaten Bandung Barat para tenaga pendidik SDN Kancah Desa Cihideung, Kecamatan Parongpong menyeleksi siswa-siswinya. SDN Kancah mengikuti beberapa nomor perlombaan diantaranya, KSN IPA, KSN Matematika, dan LCC; menulis cerpen, baca puisi, dan mendongeng; menyanyi tunggal, seni tari, dan gambar bercerita; ngadongeng, borangan, nulis carpon, maca sajak, dan biantara; catur, atletik, sepak takraw, dan sepakbola. Mahasiswa KKN UPI Kelompok 8 turut bergabung dalam persiapan peserta lomba selama lima hari dari Selasa (7/2/2023).

Lomba Bakat Minat dan Kreativitas Siswa (LBMKS) adalah salah upaya untuk menguatkan karakter siswa yang selama ini mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19. Program kompetisi ini sudah menjadi event pendidikan yang rutin dilakukan setiap tahun oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat. Rencananya LBMKS tahun ini akan diselenggarakan di SD Pameungpeuk, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat pada awal Maret 2023. Persiapan ajang lomba dilaksanakan mulai awal Februari 2023.

Tim KKN meminta izin untuk ikut serta dalam mengedukasi peserta mata lomba dengan Dian Supartika selaku Kepala SDN Kancah Desa Cihideung. Edukasi ini dilakukan sejalan dengan program Pembangunan Berkelanjutan yaitu Pendidikan Bermutu dalam “KKN Tematik Berbasis SDG’s Desa dan Proyek Kemanusiaan”. Setelah perizinan diterima, mahasiswa mulai membagi tugas untuk membantu mempersiapkan ajang LBMKS tersebut. 

Tim KKN ditugaskan untuk membimbing dan melatih beberapa peserta lomba sesuai bidang dan kemampuan yang dimiliki mereka. Salah satu mahasiswi - Grace, dari program studi ilmu komunikasi turun tangan menyampaikan dan mengajarkan beberapa pengetahuan umum pada peserta mata lomba LCC untuk menambah wawasan mereka. Cara melatih ini disetujui langsung oleh Kepala SDN Kancah Desa Cihideung sendiri. 

Untuk mengajarkan para siswa suatu keahlian dengan terampil, maka kita harus terlebih dahulu paham materi apa yang akan kita berikan pada mereka. Disamping itu, dengan adanya kakak-kakak mahasiswa yang cerdas ini diharapkan akan menambah semangat berlatih dan belajar para siswa peserta mata lomba LBMKS ini” tutur Dian Supartika selaku Kepala SDN Kancah.

Antusiasme dan semangat para calon juara ini semakin meningkat setelah beberapa kali mereka menerima hadiah berupa makanan dan minuman ringan atau snack oleh para pelatih lomba dari tim KKN setiap waktu istirahat atau saat jadwal latihan kompetisi selesai. Salah satu siswa peserta lomba berinisial L mengaku senang setiap kali ia menerima jajanan dari kakak pembimbingnya, “Aku suka gak sabar nunggu bel istirahat bunyi, soalnya pas istirahat kak Reza sering jajanin aku” ujarnya. 

Saat wawancara dengan Kepala SDN Kancah Desa Cihideung di kantornya, beliau mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa KKN Universitas Pendidikan Indonesia Kelompok 8 yang telah bersedia mengabdikan diri dan membagikan ilmunya kepada para peserta kompetisi LBMKS Se-Kabupaten Bandung Barat. Beliau optimis para siswa yang ikut dalam ajang lomba tahun ini akan membawa piala dan mengharumkan nama SDN Kancah. 

Dr. Sri Subekti, M.Pd., Reynaldi Anjar Pangestu, Millatina Karlina




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline