Lihat ke Halaman Asli

Perubahan Sosial yang Terjadi di Desa atas Kemajuan Teknologi

Diperbarui: 8 Januari 2023   23:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebagaimana yang kita ketahui dampak kemajuan teknologi dapat semakin mempermudah pekerjaan manusia, dan hal ini cukup berdampak pada kehidupan di pedesaan yang seperti kita ketahui juga masyarakat desa dapat dikatakan masih kental dengan sifat yang masih tradisional terhadap nilai nilai budaya. 

Masyarakat pedesaan memiliki tempat atau tanah yang luas sebagai lahan berkebun, pekarangan, dan lahan bertani. Masyarakat pedesaan pada umumnya memiliki matapencaharian dengan bergantung pada alam, Masyarakat desa yang masih bersifat tradisional membuat segala sesuatu di lakukan dengan cara bergotong royong. Dengan ciri masyarakat desa yaitu saling membantu antar sesama baik itu dalam acara adat maupun acara keagamaan.

Seiring dengan berkembangnya zaman pasti akan mengalami perubahan, baik perubahan yang dialami secara cepat ataupun lambat. Perubahan sosial dapat dikatakan sebagai pertukaran dari pola lama ke pola baru dalam hubungan sosial masyarakat. Perubahan yang terjadi pada masyarakat membutuhkan proses yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat. Adanya kehidupan yang terus berputar menuntut masyarakat desa kepada zaman yang semakin modern. Salah satu contoh perubahannya itu adalah dalam sektor teknologi yang semakin canggih.

Globalisasi berpengaruh terhadap perkembangan teknologi dan adanya kemajuan teknologi berkaitan dengan perubahan yang ada didalam masyarakat. Perkembangan teknologi sangat erat kaitannya dengan perubahan sosial. Perubahan sosial tidak selalu berdampak negatif, tetapi juga berdampak positif bagi masyarakat. Perubahan teknologi pada masyarakat pedesaan, seperti penggunaan kerbau untuk membajak sawah, serta kemajuan teknologi menyebabkan perubahan besar yang dialami masyarakat, seperti membajak sawah dengan mesin atau traktor. Adanya perkembangan teknologi memberikan pengetahuan yang luas bagi penduduk desa dan juga dengan teknologi yang semakin maju penduduk desa dapat memanfaatkannya dengan baik agar lebih cepat dan efisien dari yang sebelumnya.

Contoh perubahan yang terjadi akibat teknologi lainnya adalah komunikasi, sudah Sebagian masyarakat desa memiliki telefon genggam yang cukup canggih sehingga mempermudah dalam berkomunikasi antar masyarakat dengan beragam aplikasi seperti whatsapp, Instagram, dan lain sebagainya. Tidak seperti zaman sebelumnya yang teknologinya secanggih sekarang, jadi masyarakat bisa saling komunikasi dengan jarak yang jauh tanpa harus bertemu hanya dengan menggunakan teknologi tersebut. Dan adapun dampak negatifnya yaitu membuat jadi lebih susah untuk bersosialisasi dengan orang langsung karena terbiasa hanya dengan telefon itu saja.

Perubahan yang terjadi hampir seluruhnya tergantikan oleh teknologi, salah satunya budaya yang ada pada masyarakat pedesaan. Budaya yang ada dalam masyarakat yang menjadi unsur berupa adat istiadat, sebelum adanya teknologi masyarakat desa masih erat dengan tradisi budaya lokal yang sedikit demi sedikit sudah tergantikan dengan budaya baru namun tetap Sebagian besar masih di lestarikan. Dan dengan berkembangnya teknologi dapat untuk memperkenalkan budaya yang ada didesa tersebut kepada masyarakat luas. 

Dalam sektor pariwisata perkembangan teknologi sangat menguntungkan karena selain dapat memperkenalkan budaya sekitar dapat juga memperlihatkan keindahan alam yang masih ada. Dengan kemajuan teknologi masyarakat desa dapat lebih jauh untuk mengutarakan hak haknya yang belum terpenuhi dan dapat lebih cepat ditanggapi oleh pihak yang berwenang atas hal tersebut. Jadi masyarakat desa dapat mendapatkan kesejahteraan juga seperti yang lainnya.

Kehidupan masyarakat desa yang terbentuk secara teknis saat ini memodernisasi kehidupan sosial masyarakat desa. Tingkat perkembangan teknologi yang sangat tinggi memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat desa. Perkembangan teknologi membuat segalanya menjadi lebih efisien, semua pekerjaan dapat dilakukan dengan cepat berkat teknologi. Pada masyarakat desa, hadirnya teknologi di tengah masyarakat telah menjadikan kehidupan masyarakat desa yang dulunya hidup berkelompok kini menjadi individualistis, karena dengan bantuan teknologi, masyarakat dapat melakukan segala pekerjaan meski tanpa bantuan banyak orang. .

Selain itu, dengan berkembangnya teknologi, kini semua orang sibuk dengan ponsel masing-masing dan tidak peka dengan kondisi di sekitarnya. Perkembangan teknologi komunikasi berarti bahwa orang-orang saat ini lebih suka berinteraksi secara virtual daripada bertemu secara langsung. 

Selain itu, penyebaran berita bohong karena perkembangan teknologi informasi di masyarakat desa yang belum mengetahui benar atau tidaknya berita tersebut dan masyarakat langsung menganggap remeh berita tersebut. Bagi anak-anak, perkembangan teknologi membuat mereka melupakan permainan tradisional dan kurang santun karena lingkungan dan tayangan yang mereka dapatkan. Selain efek negatif pada masyarakat karena teknologi. Teknologi juga memberikan efek positif dimana pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat dan komunikasi dengan orang yang jauh dapat dilakukan.

Seperti yang kita ketahui pengaruh perkembangan teknologi dapat mempermudah pekerjaan manusia, dan hal ini berdampak cukup besar bagi kehidupan pedesaan, dan seperti yang juga kita ketahui, dapat dikatakan bahwa masyarakat desa masih sarat dengan nilai-nilai budaya tradisional. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline