Lihat ke Halaman Asli

reydal kenaz

associate agency director at prudential and student at UMY

Begini Cara Simple untuk Pengaduan ke BPJS Ketenagakerjaan!

Diperbarui: 14 Mei 2024   16:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. UMJ

Pengelolaan Pengaduan ke Instansi BPJS Ketenagakerjaan

1. Tentang BPJS Ketenagakerjaan

        Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan merupakan badan hukum publik yang dibentuk melalui Undang-Undang No 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial dengan tujuan untuk mewujudkan terselenggaranya pemberian jaminan terpenuhinya kebutuhan dasar yang layak bagi setiap peserta dan/atau anggota keluarganya. Fungsi BPJS Ketenegakerjaan yaitu menyelenggarakan program jaminan sosial ketenagakerjaan berdasarkan Undang-Undang No 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional yang terdiri dari: Dalam konteks BPJS Ketenagakerjaan, pengaduan dapat berkisar dari klaim yang ditolak, keterlambatan pembayaran, hingga ketidakpuasan terhadap pelayanan. Oleh karena itu, pengelolaan pengaduan yang efektif sangatlah penting, bukan hanya untuk menyelesaikan masalah yang ada, tetapi juga untuk meningkatkan sistem secara keseluruhan. Berikut merupakan jenis-jenis BPJS Ketenagarkerjaan :

   a. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)

Program yang memberikan perlindungan dalam rangka menanggulangi hilangnya sebagian atau seluruh penghasilan yang diakibatkan oleh adanya risiko-risiko sosial seperti kematian atau cacat karena kecelakaan kerja baik fisik maupun mental. Jaminan kecelakaan kerja diselenggarakan berdasarkan prinsip asuransi sosial. Prinsip asuransi sosial meliputi:

  • Kegotong-royongan antara yang kaya dan miskin, yang sehat dan sakit, yang tua dan muda, yang berisiko tinggi dan rendah;
  • Kepesertaan bersifat wajib dan tidak selektif;
  • Iuran berdasarkan presentase upah/penghasilan; dan
  • Bersifat nirlaba.

 Peserta yang mengalami kecelakaan kerja berhak mendapatkan manfaat berupa pelayanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan medisnya dan mendapatkan manfaat berupa uang tunai apabila terjadi cacat total tetap atau meninggal dunia.

 

   b. Jaminan Hari Tua

Program yang ditujukan untuk menjamin agar peserta menerima uang tunai apabila memasuki masa pensiun,mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia. Jaminan hari tua diselenggaralan berdasarkan prinsip asuransi sosial atau tabungan wajib. Manfaat jaminan hari tua berupa uang tunai yang berasal dari akumulasi iuran dan hasil pengembangannya.

   c. Jaminan Pensiun

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline