Lihat ke Halaman Asli

Rey Syawal

Penulis Profesional

Cara Menulis Berita yang Baik dan Benar

Diperbarui: 15 Februari 2023   18:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth


Berita yangsering kita baca baik itu secara digital maupun cetak mempunyai tujuan, yaitumemberikan infomasi untuk para pembaca. 

Berita merupakansuatu produk jurnalistik yang dapat dengan gampang ditemui, dan jika di tengahmajunya zaman dan teknologi seperti saat ini.

Tidak hanya darikoran saja tetapi, berita juga sangat mudah ditemui di medsos, televisi, diradio dan aplikasi lainnya. Walaupun dapat di baca dan dipahami, tentu caradalam penulisan berita tidak mudah dilakukan sembarangan.

Pengertian Berita

Sebelum belajarmengenai cara penulisan berita yang benar dan baik, alangkah baiknya kitamengetahui dulu apa itu Berita. Berita merupakan sebuah tulisan yang dimanamemuat informasi untuk pembaca.

Dikutip dari  Wikipedia, pengertian berita merupakan suatulaporan yang tercepat mengenai fakta maupun ide terbaru yang benar, menarik, bisapun atau penting bagi sebagian besar khalayak, yang dipublikasikan melaluimedia.

Biasanya, beritamemuat mengenai topik umum untuk laporan yang dimuat dalam berita meliputiperang, pemerintah, politik, pendidikan, kesehatan, lingkungan, ekonomi,bisnis, mode, dan hiburan, serta acara atletik, acara unik, atau acara tidakbiasa. 

Pengertian Berita Menurut Beberapa Ahli

1. Mickhel V. Charniey

Menurut MickhelV. Charniey, berita adalah laporan tercepat tentang peristiwa atau kejadianyang benar, penting, menarik bagi pembaca tertentu dan memperhatikankepentingan mereka.

2. Willard C. Bleyer

Willard C. Bleyermengungkapkan bahwa berita adalah peristiwa terkini atau terkini yang dipiliholeh wartawan untuk dimuat dalam surat kabar guna menarik minat pembaca.

Jenis-Jenis Berita

Jenis-jenisberita adalah: (1) direct news atau berita langsung, (2) berita mendalam atauberita yang diterima, (3) berita opini atau berita opini, (4) berita penjelasanatau explanatory news, dan (5) jurnalistik investigatif atau jurnalismeinvestigatif.

1. Straight News 

Berita langsungadalah satu atau lebih jenis berita, sangat umum, berisi liputan langsungtentang suatu peristiwa.

2. Depth News 

Jurnalismemendalam adalah kategori jurnalisme yang berbeda dari jurnalisme langsungkarena biasanya berisi berita dan bahan tambahan tentang perkembangan beritayang ada atau hal-hal mendalam yang memperkuat berita sebelumnya.

3. Opinion News 

Berita Opiniadalah berita yang berisi opini atau pendapat tentang apa yang diberitakan ataupendapat, pemikiran, pemikiran atau komentar orang-orang yang penting terhadapsesuatu.

4. Interpretative News 

Explanatoryjournalism adalah jurnalisme yang menitikberatkan pada isu, isu, atau berbagaiperistiwa kontroversial.

5. Investigation News 

Jurnalisme investigatifadalah berita yang diperoleh dan dikembangkan berdasarkan penelitian atauinvestigasi dari berbagai sumber.

Unsur-Unsur Berita

Setelah andamemahami apa itu berita dan bahkan jenis atau macam berita itu apa, untukmengetahui bagaimana cara menulis berita yang baik dan benar, anda juga harusmengetahui unsur apa saja yang harus ada dalam sebuah berita. Pada dasarnyaterdapat 6 unsur dalam berita yang terdiri dari 5W + 1H.

Apa elemen beritayang mengandung 5W+1H akan dijelaskan di bawah ini.

1. What atau apa 

2. Who atau siapa

3. Where atau dimana

4. When ataukapan

5. Why ataumengapa

6. How ataubagaimana

Cara Menulis Berita

Penulis yangingin menulis berita harus mengetahui langkah-langkah dan unsur-unsur yangharus terkandung dalam cara menulis berita. Selain memiliki keterampilan dankeahlian menulis berita, berikut kami jelaskan cara menulis berita yang baikdan benar.

1. Mencariperistiwa ayng cocok dijadikan berita

2. PencarianSumber Berita

3. Wawancara,Observasi, dan Dokumentasi

4. MencatatHal-Hal Penting

5. MembuatKerangka Berita

6. Menulis TerasBerita

7. Menulis IsiBerita

8. PenyuntinganBerita

 

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline