Lihat ke Halaman Asli

kelebihan & kekurangan market place atau e-commerce, dan dampak nya bagi perkembangan ekonomi digital di Indonesia.

Diperbarui: 2 September 2024   19:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Marketplace merupakan platform berupa aplikasi atau website sebagai tempat terjadinya transaksi jual beli secara mudah dan cepat serta tidak perlu bertemu langsung.

Marketplace menyediakan berbagai keuntungan baik untuk penjual maupun pembeli.

Bagi penjual, platform ini membuka peluang pasar yang lebih luas, memudahkan dalam menjangkau pelanggan potensial dari berbagai daerah bahkan negara.

Bagi pembeli, platform ini menawarkan kemudahan dalam membandingkan produk dan harga, serta kenyamanan dalam berbelanja tanpa batasan waktu dan tempat.

Electronic commerce atau e-commerce adalah suatu proses terjadinya transaksi jual beli yang dalam prakteknya dilakukan secara online melalui media elektronik. Menurut Laudon & Laudon, e-commerce adalah transaksi business to business yang terjadi dengan perantara jaringan internet.

Perbedaan Ecommerce dan Marketplace:

Marketplace yang hanya menyediakan tempat untuk transaksi, sedangkan ecommerce lebih berfokus pada penjualan produk di brand itu sendiri.

Berikut beberapa perbedaan ecommerce dan marketplace

1. Pilihan Produk

Di marketplace, penjual harus mengikuti kategori yang telah dibuat oleh sistem. Sementara ecommerce memungkinkan Anda untuk lebih bebas dalam pengkategorian atau setting tampilan produk sesuai yang diinginkan.

2. Penanganan Transaksi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline