Lihat ke Halaman Asli

Cegah Stress dengan Makanan

Diperbarui: 24 Juni 2015   18:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

anyak cara menghindari stress.salah satunya dalah dengan mengkonsumsi beberapa bahan makanan.ini juga merupakan cara yang positif dan aman.Setiap individu tentu banyak memiliki cara yang berbeda untuk menghindari dan mengobati stress. Cara positif tentu lebih baik seperti bersantai minimal 30 menit,menulis, meditasi atau berbagi cerita dengan sahabat. Pilihan makanan yang sehat juga bisa masuk dalam daftar cara untuk menghilangkan stress, Berikut ini berbagai macam makanan penghilang stress.

  • Bayam

Sayuran bayam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh tidak hanya menyehatkan, bayam juga banyak mengandung folate dan vitamin B untuk memproduksi serotonim.Kandungan yang terdapat dalam folate dapat mengurangi stress yang anda alami.Dengan mengkonsumsi secara rutin, anda akan memenuhi kebutuhan folate untuk tubuh.Cukup dua mangkuk bayam perhari sudah cukup untuk mengkonsumsi kebutuhan tersebut.

  • Ikan

Kandungan omega 3 dan asam lemak yang ada pada ikan dapat menenangkan otak dari hal – hal yang dapat membuat anda stress.hal ini seperti yang disebutkan dalam sebuah buku the Anxiety Book karya Jonathan Davidson dan henry Dreher.

Anda dapat memilih  banyak sekali menu dengan bahan dasar ikan seperti tuna salad atau aneka Sushi.

  • Brokoli

Bukan hanya baik dikonsumsi sebagai makanan anti kanker tapi juga dapat meredakan stress.Antioksidan dan Vitamin B,Terutama Folic acid, yang terkandung didalam Brokoli dipercaya dapat mengurangi atau meredakan tingkat stress dan sindrom panic, gelisah hingga deprisa.

  • Tomat

Warna merah pada buah tomat dihasilkan karena adanya senyawa lycopene yang juga berfungsi sebagai antioksidan.Nyatanya makanan ini memang memiliki manfaat untuk meningkatkan suasana hati, juga dapat menyegah peradangan di otak yang berkaitan dengan stress.Kandungan asam folat, magnesium,zat besi dan Vitamin B6 sangat penting untuk memproduksi zat kimia pembawa pesan atau neurotransmitter di otak,seperti serotonin,dopanim dan norepinefrin.

  • Madu

Khasiat madu sudah tidak diragukan untuk kesehatan dan kecantikan.Walaupun madu memiliki rasa manis seperti gula, namun di dalam madu terdapat vitamin B,asam folat, besi dan mangan, serta 181 senyawa biologis aktif lain dapat meningkatkan produksi energi otak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline