Lihat ke Halaman Asli

REVINDA VISMA NOVATALIA

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Pengembangan UMKM pada Desa Sumbersekar, Dau oleh Mahasiswa PMM Kelompok 53 Gelombang 3

Diperbarui: 15 Agustus 2024   16:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi bersama pemilik Ukik Flora

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malangdi Desa Sumbersekar, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur . Kegiatan pendampingan ini merupakan kegiatan di bawah naungan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang. Dosen Pembimbing (DPL) kami yaitu, Nur Melizza, S.Kep, Ns., M.Kep

Disini kami terdiri dari 5 anggota yaitu, Revinda Visma Novatalia sebagai Koordinator, Diva Rosyda (Humas), Ida Khoiriyah (PDD), Nadia Dwi Agustin (Sekretaris), Afifa Ramadhani (Bendahara) . Kegiatan ini dapat menjadikan pembelajaran dan pengalaman yang baru, dapat membuat UMKM lebih terkenal secara online sehingga dapat meningkatkan frekuensi penjualan. 

Kegiatan ini  memerlukan analisis media pemasaran  terlebih dahulu (meliputi target audiens). Target sasaran UMKM kami adalah dua warga yaitu Ukik Flora dan Keripik Singkong Cap Burung Pipit.  Setelah melakukan analisis, kami melakukan kegiatan sesuai dengan kebutuhan UMKM masing-masing. 

Untuk Ukik Flora kami memperkenalkan UMKM tersebut pada media massa kompasiana (Ukik Flora), serta kami membantu mengarahkan dan membuatkan akun pada Tokopedia Ukik Flora

Akun  Tokopedia Ukik Flora/dok. rpi

Sedangkan untuk Keripik Singkong Cap Burung Pipit kami memperkenalkan UMKM tersebut pada media massa kompasiana (Keripik Singkong Cap Burung Pipit), serta kami membantu membuatkan  video promosi dan menyebarkan pada media sosial

Dokumentasi bersama pemilik Keripik Singkong Cap Burung Pipit

Persiapan pembuatan video promosi

Adapun manfaat promosi pada media massa dan platform lainnya untuk UMKM yaitu mengenalkan UMKM di media online, sehingga diharapkan  menarik pelanggan, meningkatkan frekuensi penjualan, dan membangun Brand Awareness . Yang terakhir yaitu masyarakat yang memiliki UMKM akan merasa bangga dan dapat meningkatkan inovasi dalam persaingan penjualan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline